Tumis tahu dan sayuran saus hoisin.

Suatu kali saya dimintai pendapat resep menu vegan untuk seorang kenalan asal Jerman yang adalah vegetarian. Itu berarti kenalan asal Jerman ini tak makan daging tetapi bisa makan turunannya seperti telur, susu, dsb. Saya sudah pernah menyuguhkan pecel sayuran, ternyata dia terkesan dengan pecel tersebut. Ia kemudian bermaksud memiliki resep vegan asal Asia yang bisa jadi rekomendasinya.

Resep vegan berarti tidak ada daging dan turunannya seperti susu, telur, keju, dsb. Akhirnya saya sudah memberikan dua ide resep vegan berikut yang bisa dipraktikkan karena mudah dan cepat membuatnya.

Resep pertama adalah sayuran dan tahu yang ditumis dengan saus hoisin. Saus hoisin ini bisa digunakan untuk menu vegan, begitu pun soja sauce yang berasal dari sari kedelai, yang saya campurkan dalam saus hoisin. Saya bisa mendapatkan saus hoisin di toko asia di sini dan saus hoisin sudah familiar disajikan di restoran selera asia di Jerman.

Selanjutnya adalah resep kedua yang terdiri atas tauge dan petai yang ditumis biasa. Petai dibeli di toko yang jual kebutuhan Indonesia di Jerman. Awalnya saya sulit menjelaskan petai, tetapi akhirnya rasa petai yang bitter membuat dia suka dengan apa yang saya bagikan.

1. Tumis tahu dan sayuran saus Hoisin

Bahan yang diperlukan adalah tahu, wortel, paprika hijau, paprika merah, minyak sayur, daun bawang dan bawang bombay. Untuk campuran saus hoisin adalah 1 sendok teh saus hoisin, 1 sendok teh soja sauce dan 1 sendok teh kecap ikan.

Cara memasaknya pun mudah. Panaskan wajan dan beri minyak sayur. Goreng tahu menjadi setengah matang, kemudian singkirkan sementara. Lanjutkan wajan yang panas dengan 1 sendok makan minyak sayur lagi. Masukkan bawang bombay dan daun bawang. Lanjutkan dengan tahu setengah matang dan semua sayuran yang ada. Masak hingga beberapa saat dan campurkan dengan campuran saus hoisin. Masak dengan api sedang selama 3 menit. Saya suka wortelnya masih crunchy dan tak layu dimasak. Itu semua pilihan anda.

2. Oseng Tauge Petai

Oseng tauge dan petai.

Bahan yang diperlukan adalah tauge, petai, wortel, daun bawang, minyak sayur, cabai, bawang bombay, garam dan kaldu jamur secukupnya.

Cara memasaknya juga mudah. Pertama, panaskan wajan dan masukkan minyak sayur. Masukkan bawang bombay, cabai, potongan petai dan daun bawang. Tambahkan irisan wortel dan tauge. Masukkan garam dan kaldu jamur. Masak dalam api kecil selama tiga menit.

Kesimpulan

Sekali dalam satu minggu menyiapkan masakan vegan, tanpa daging dan turunannya tentunya bisa menjadi pilihan hidup sehat masa kini. Apalagi masakan nusantara memiliki banyak resep vegan seperti karedok, rujak, asinan, tumis kangkung, kering tempe dan lain sebagainya yang juga menjadi rekomendasi saya.

Selamat mencoba di rumah!