Kohlrabi, Kubis Lobak yang Tumbuh di Jerman yang Bisa Menggantikan Labu Siam

Ini kohlrabi, lobak jerman.

Suatu kali saya ingin sekali memasak lontong sayur pakai labu siam. Anda pasti tahu labu siam itu apa, salah satu dari sayuran yang banyak dimasak dalam makanan nusantara. Namun saat saya tinggal di Jerman, labu siam bukan sayuran yang populer. Biasanya toko asia menyediakan stok labu siam, meski tidak sering. Seperti kali saya ingin memasak sayur labu siam berkuah santan, ternyata saya tidak menemukannya.

Seiring berjalannya waktu, saya jadi paham bahwa labu siam itu mirip teksturnya dengan kohlrabi di Jerman. Kohlrabi sendiri begitu mudah ditemukan di Jerman karena ini adalah lobak Jerman, begitu sebutan dunia pada kohlrabi.

Nama “Kohlrabi” yang mendunia berasal dari bahasa Jerman yakni “kohl” yang berarti kubis dan “rube” yang berarti lobak. Itu sebab saya menyebutnya kubis lobak dan namanya populer dalam sebutan bahasa Jerman. Banyak negara berbahasa ibu Jerman menjadikan kohlrabi sebagai masakan dan salad juga. Meski begitu kohlrabi itu juga ada di Prancis, Belgia, Italia dan beberapa negara lain di Eropa.

Para petani di Jerman pada bulan Mei kemarin biasanya mulai memanen kohlrabi sehingga kohlrabi begitu mudah ditemukan di supermarket. Panen kohlrabi itu tidak sering. Ada pendapat panennya dua tahun sekali. Setelah saya mencoba kohlrabi, akhirnya saya paham bahwa labu siam bisa digantikan dengan kohlrabi.

Sama seperti labu siam, kita makan kohlrabi pada bagian umbinya. Jika labu siam itu ada getah dan berbiji di bagian tengah, kohlrabi tidak sama sekali. Rasa kohlrabi berbeda dengan labu siam, sedikit manis pedas saja seperti umumnya lobak. Semakin kecil umbinya, semakin manis rasanya. Saya sendiri belum membuktikannya.

Warnanya pun putih seperti labu siam. Ada yang memakan kohlrabi bagian umbinya, ada yang suka batangnya dan ada pula daunnya. Tetapi saya hanya tahu mengelola umbinya saja.

Bedanya, jika labu siam itu dimakan setelah matang. Saya belum pernah coba makan labu siam mentah. Sedangkan kohlrabi itu bisa dimakan baik kondisi mentah maupun sudah dimasak sebelumnya. Kohlrabi mentah biasa dijadikan salad. Sedangkan kohlrabi lainnya bisa dimasak untuk sup, ditumis bahkan dipanggang.

Kohlrabi ini bisa dijadikan pilihan diet sehat karena kohlrabi memiliki kandungan karbohidrat rendah gula. Kohlrabi juga kaya akan serat dan vitamin C. Jadi siapa pun bisa mengelola kohlrabi sebagai alternatif makanan sehat.

5 Comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.