Brussels (10): 5 Destinasi Wisata Lain yang Juga Wajib Dikunjungi Bila Bertandang ke Ibu Kota Belgia

The Brussels town hall pada siang hari.
Place de la Bourse, Brussels di malam hari.
Place de la Bourse, Brussels di siang hari dengan perbaikan pekerjaan umum di depannya.

Menyelami Brussels, ibu kota Belgia, ada banyak spot yang bisa dijadikan tempat berfoto yang sudah saya bahas sebelumnya pada artikel 10 tempat yang dijadikan destinasi wisata. Namun rasanya tak lengkap pergi ke Brussels tanpa mampir ke lima tempat wisata berikut. Bisa jadi orang suka berkunjung karena 5 lokasi wisata di bawah ini berkaitan dengan sejarah, seni, berbau teknologi atau bahkan karena bangunan arsitekturnya. Lengkap, bisa anda dapatkan jika bertandang ke ibu kota Belgia ini.

Untuk melengkapi kunjungan ke Brussels, saya sampaikan 5 tempat berikut yang tak mungkin dilewatkan wisatawan. Apa saja?

1. The Brussels Town Hall

The Brussels town hall pada malam hari.

Bangun bergaya arsitektur gothik ini tampak menyedot animo wisatawan yang berkunjung ke Belgia. Bangunan ini tak pernah sepi dari kunjungan wisatawan dan termasuk tempat yang padat dengan lalu lalang orang berbagai dunia. Kerap wisatawan menjadikan obyek foto dengan latar belakang bangunan ini. Tentunya arsitektur bangunan yang dibangun sejak middle ages ini menjadi tempat terkenal sebagai destinasi pertama di Brussels.

Sewaktu kami datang, Brussels sedang mengadakan Light Show Performance yang juga digelar di tempat ini. Kerlap kerlip sorot lampu penuh makna dengan musik instrumen menambah pengalaman fantastis sebagai turis seperti kami. Bagunan ini semacam kompleks yang berkaitan satu sama lain. Di depannya tampak alun-alun warga yang dipadati orang lalu lalang.

The scheldt.

Selain menara menjulang bergaya arsitektur gothic, anda juga perlu menyambangi the Scheldt karya Pierre-Dennis Plumier yang berada di sisi classical wings. Pun bila anda perhatikan bangunan ini kerap mendapatkan restorasi agar seni dan arsitekturnya tetap terjaga. Saat kami datang pun, beberapa sudutnya sedang ditutup. Padahal jika kita perhatikan tiap sentimeter dari menara town hall, terdapat ukiran patung bergaya seni yang menawan.

Everard t’Serclaes.

Berjalan ke seberang town hall, ada satu tempat bernama Everard t’Serclaes yang dipadati turis. Tampak para turis menjamah patung ukiran karya Julien Dillens pada bagian lengan patung. Sebuah mitos berkembang bahwa keberuntungan akan terjadi dan keinginan akan terkabul bila kita menggosok lengannya. Namun banyak juga turis menjamah bagian lain seperti wajah, malaikat atau anjing yang terukir di situ. Sebagian percaya, anda akan bisa kembali lagi ke Brussels suatu saat nanti.

2. Place de la Bourse

Sisi lain di malam hari.
Sudut lain.

Bangunan yang juga memiliki pesona tersendiri bagi turis seperti kami karena arsitekturnya adalah The Place de la Bourse. Ini seperti tempat bursa saham bagi pelaku bisnis. Sayangnya kami datang tampak situasi perbaikan pekerjaan umum di depannya. Padahal square di depannya adalah spot menarik untuk berfoto, apalagi di malam hari. Sayangnya itu tertutup saat kami datang.

Bangunan mempesona ini dibangun abad 19. Kemudian bangunan ini dijadikan bangunan terpenting juga di Brussels. Di sisi lain, tampak area night market yang juga menjadi sisi menarik para wisatawan saat kami datang ke situ. Ini menjadi obyek wisata yang mempesona saat malam hari.

3. Comic Museum

Gedung menarik yang dikenal sebagai comic museum merupakan hasil karya Victor Horta (1906) yang berisi lebih dari sekedar kumpulan karya komik saja. Museum ini buka tiap hari dari jam 10 pagi hingga 6 sore. Museum yang didirikan sejak tahun 1989 ini didedikasikan tidak hanya bagi pecinta komik saja, tetapi warga Belgia yang berkarya sebagai kartunis. Museum ini lengkap berisi ruang pamer berbagai karya komik mendunia seperti Tin Tin, Smurf, kemudian terdapat juga perpustakaan, ruang digital animasi bahkan penjualan sovenir dan restoran juga. Untuk menjelajahi keseluruhan museum, anda perlu bayar tiket masuk.

4. The Atomium

Lokasi keempat, tempatnya memang tidak berada di pusat kota lebih tepat di Heysel Plateau. Anda perlu naik transportasi umum atau ikut program sightseeing seperti bus Hop on Hop off. Bangunan bergaya moderen ini selesai dibangun pada tahun 1958. Ini lebih dari monumen moderen dengan bola-bola metal yang terstruktur. Konon gedung ini dibangun sebelum digelar Brussel’s World Fair (1958). Karena bangunan yang futuristik, kreatif dan menganggumkan maka ini menjadi populer untuk wisatawan. Ada yang berpendapat tak lengkap bila datang ke Brussels tetapi belum berfoto di depan gedung ini.

5. Royal Palace

Terakhir adalah istana kerajaan seperti umumnya bila kita berkunjung ke kota-kota besar di Eropa. Sebagai tempat kediaman resmi para raja dan ratu, istana memang memiliki magnet tersendiri bagi para turis untuk berkunjung seperti istana di Brussels ini. Katanya setiap musim panas keluarga kerajaan pergi berlibur keluar istana itu sebab, istana terbuka untuk umum. Sementara kami tidak bisa masuk karena kami datang di musim dingin. Jika ada kesempatan berkunjung, pengunjung bisa melihat keindahan interior beberapa ruang yang bisa dilihat publik, termasuk ada ruang Louis XVI. Wah!

Kesimpulan

Ini adalah catatan perjalanan saya dan suami di saat akhir tahun lalu dan jelang awal tahun ini. Meski begitu, Brussels memang memiliki pesona tersendiri seperti bangunan arsitektur dan peninggalan bersejarah lainnya. Selain itu cokelat dan wafel Belgia memang layak dicicipi bila berkunjung ke sini.