Tips Untuk Anda (28): 5 Cara Buat Hunian Tempat Tinggal Nyaman di Rumah

Ilustrasi.

Home sweet home. Tiada yang paling nyaman selain di rumah sendiri. Bukan seberapa luas rumah yang anda miliki, tetapi seberapa nyaman dan bahagia anda tinggal di rumah sendiri. Bukan kemewahan yang menjadi isian rumah tetapi bagaimana kebersihan, kerapihan dan keteraturan dalam rumah sehingga membuat seisi penghuni bahagia tinggal di rumah. Tentu berbagai cara saya lakukan agar bisa betah di rumah.

Sebuah studi mengatakan bahwa bahagia itu secara sederhana adalah menikmati alam yang sudah Tuhan berikan. Sesederhana itu bahagia tetapi kita tidak menemukannya dalam rumah yang kita huni hanya karena kita tidak tahu caranya. Padahal rumah adalah tempat dimana hati kita berada. Oleh karena itu, ada lima cara sebagai tips saya yang mungkin membantu anda di rumah.

1. Bersih, rapi dan teratur

Apa yang anda rasakan saat memasuki rumah yang kotor, berantakan, bau, tak terawat dan berbagai perabotan berserakan? Tak ada orang yang merasa nyaman tinggal dan hidup dalam ketidakteraturan. Kebersihan itu pun penting sebagai bagian dari tanggungjawab tiap pribadi yang tinggal di rumah. Komunikasikan untuk mengingatkan satu sama lain tentang kebersihan adalah bagian dari kita menikmati kenyamanan di rumah. Kebersihan dan keteraturan di rumah bukan tanggungjawab si A atau hanya satu orang saja, tetapi siapa saja yang tinggal dalam rumah.

Tips

Buatlah satu hari dalam sebulan untuk menyeleksi barang yang dibutuhkan dan tidak dibutuhkan agar tercipta keteraturan! Sediakan gudang atau ruang untuk menyimpan barang-barang yang tidak lagi diperlukan. Jika ada kesempatan buang yang tak perlu ke tempat pembuangan yang seharusnya. Berbagi tugas antar sesama anggota keluarga dalam membersihkan, merapihkan dan menata rumah di waktu lowong bisa menjadi ide baik untuk diterapkan.

2. Pasang foto-foto yang mencerminkan kebahagiaan

Pepatah bijak berkata “Collect the moments, not the things!” yang mungkin bisa menggambarkan bagaimana anda mendokumentasikan kebahagiaan anda. Foto potret keluarga saat anda sedang berlibur bisa dipasang di ruang keluarga dimana sebagian besar waktu dihabiskan di sana. Pasang foto-foto yang menjadi moment membahagiakan dalam hidup anda.

Tips

Siapkan foto keluarga terbaru yang diberi pigura cantik untuk dipasang di salah satu dinding rumah. Atau foto-foto perkembangan anak dari masa ke masa yang dipasang di ruang keluarga. Anda juga bisa menata ulang foto, membersihkan foto-foto yang telah lama dipajang, mengubah tampilan foto atau menambah foto untuk dipajang.

3. Pasang poster atau hiasan dinding kalimat/gambar positif

Kata atau kalimat motivasi bisa membangkitkan suasana hati di rumah.

Tak melulu dinding rumah dihiasi foto keluarga, kita bisa mengisinya dengan hal-hal yang membangkitkan suasana positif seperti poster atau hiasan dinding. Lukisan pemandangan alam di ruang tamu atau poster secangkir kopi di ruang pantry. Atau anda bisa pasang juga berbagai kalimat positif seperti “Never give up to pursue DREAM” atau “Happy Mind, Happy Life” dan masih banyak lagi.

Tips

Kalimat positif di dinding biasanya tak mahal dibandingkan perabotan hiasan. Namun jika anda tak ada biaya, buat sendiri dengan menyiasati bahan yang ada. Kreasikan imajinasi anda lewat kalimat positif atau lukisan yang abtrak misalnya. Hasilnya, anda bisa pajang di dinding ruang kerja. Cara lain, buat kliping dari guntingan koran dan majalah lalu kreasikan menjadi poster atau kalimat positif untuk ditempel di dinding rumah.

4. Hidup berdamai dengan alam dan hewan

Punya hewan peliharaan di rumah.

Bagaimana perasaan anda bila mendengar burung berkicau, suara gemericik air, tiupan angin dari jendela, hangatnya matahari dan pemandangan menghijau di teras rumah? Ini bukan suasana di hotel, tetapi suasana di rumah anda. Bahagia rasanya bila kita bersentuhan dengan alam. Tetapi bagaimana caranya menciptakan itu semua dalam rumah anda?

Tips

Menyediakan lahan untuk penghijauan atau tanaman hidup di teras belakang rumah. Membuat kolam buatan di dekat ruang makan. Menyediakan ruang terbuka di antara ruang tamu dan ruang keluarga. Itu bisa, tetapi bagaimana jika saya tinggal di apartemen atau lahan yang minimalis? Siasati balkon rumah menjadi taman gantung, letakkan beberapa pot tanaman di situ. Pelihara hewan peliharaan seperti burung di sangkar, ikan di aquarium atau anjing dan kucing pun bisa. Hal praktis lain, anda bisa membeli rekaman suara burung di toko perlengkapan rumah tangga yang kemudian diletakkan di kolam buatan di rumah. Ini cara praktis tanpa perlu memelihara burung.

5. Buat tema untuk suasana rumah sesuai selera

Ada yang mampu mengeluarkan banyak uang merombak rumah sesuai desain tema yang diinginkan namun ada pula memanfaatkan yang ada dan membuatnya sesuai stok di rumah. Dengan tema, suasana rumah terasa teroganisir, katakanlah anda ingin suasana tradisional atau scandinavian dalam ruangan rumah. Itu berarti membuat anda mengupayakan segala cara untuk membuat rumah begitu nyaman. Tema lain misalnya, warna pada ruangan tertentu. Misalnya warna hijau di ruang makan dengan berbagai interior warna hijau. Tema membantu anda meningkatkan suasana hati seperti yang anda harapkan. Bukankah rumah adalah tempat dimana hati berada?

Tips

Jika punya dana lebih, anda bisa cat ulang ruangan yang dikehendaki untuk dilakukan perubahan. Dana lebih lainnya adalah mengganti perabotan sesuai tema yang diinginkan. Sementara jika tak ada budget, atur ulang perabotan dan perlengkapan di rumah anda setahun sekali atau jelang hari raya misalnya. Perbaiki perabotan rumah tangga yang rusak agar tetap terpakai. Kini berdayakan fungsi ruangan di rumah sesuai tema misal tema warna, tema budaya, tema desain dan lainnya.

Tema tradisional di rumah misalnya pasang kain batik yang tak terpakai sebagai hiasan dinding, ambil gamelan anak yang sudah disimpan di gudang jadi hiasan di meja, meja kayu tak terpakai dibersihkan untuk kesan natural di rumah. Saat ada waktu lowong atau akhir pekan, cat ulang ruangan rumah. Anda juga bisa mencari barang-barang sesuai tema di pasar loak sehingga tak perlu beli baru.

Kesimpulan

Tak penting seberapa luas atau seberapa mewah perabotan di rumah, namun yang utama adalah bagaimana anda mengelola rumah menjadi bersih dan terawat. Itu adalah hasil pengalaman saya sendiri sehingga siapa pun betah berlama-lama di rumah. Bagaimana pun suasana rumah adalah bagaimana suasana hati terbentuk setiap hari.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.