Mutton vindaloo, rendang domba pedas dari Goa, India.
Fish curry dipanggang.
Bumbu kari buat ikan, enak banget.

Setelah dunia kuliner dan pariwisata mulai bergeliat di tempat tinggal saya, saya dan suami memutuskan untuk memenuhi undangan makan malam di restoran selera India. Ini bukan kali pertama atau kedua, kami makan di restoran berikut karena restoran ini juga sudah saya rekomendasikan untuk menikmati kuliner India. Nama restoran ini adalah Taj Mahal di wilayah Bad Fussing, area health and wellness resort. Restoran ini menyajikan kuliner India yang rasanya benar-benar lezat.

Nuansa makan malam berbeda dengan makan siang yang juga biasanya kami sambangi. Pemilik restoran dengan ramah menyambut kami dengan menunggu antrian karena kami memang tidak reservasi sebelumnya. Mengikuti prosedur higenitas yang dianjurkan pemerintah tidak menyurutkan minat tamu restoran yang juga membludak, memenuhi area luar restoran karena suasana malam masih terang di musim panas.

Setelah kami dipersilahkan duduk, pramusaji memberikan menu pembuka. Kami mendapatkan papadum atau papad yang disajikan dengan tiga bumbu. Apa itu papadum? Silahkan cek link yang ditautkan. Ini seumpama saya makan di restoran selera Indonesia di Eropa. Ada krupuk dan sambal sebagai makanan pembuka di restoran Indonesia di Eropa. Ini complimentary yang berarti bisa dimakan pun tidak dimakan.

Perlengkapan makan.
Nasi Basmati.
Tiga bumbu khas India ada bumbu pedas asam, bumbu mint dan bumbu yoghurt raita.
Hidangan pembuka, papad atau papadum.

Saya ingin makan daging kambing tetapi dengan rasa berbeda, sementara suami tetap dengan pilihan makan ikan bumbu kari. Saya pilih menu mutton vindaloo yang dibuat seperti rendang pedas. Mutton adalah daging domba muda. Goa adalah wilayah di India yang terkenal dengan kulinernya yang berselera pedas. Mutton vindaloo terasa pas di lidah saya dan benar-benar lezat sekali. Pantas saja, restoran ini kerap dipenuhi penikmat selera masakan India.

Pesanan suami adalah ikan bumbu kari, seperti yang anda lihat potongan ikan dan bumbu kari dibuat terpisah. Di siang hari, menu ikan bumbu kari biasanya disatukan sedangkan di malam hari dibuat terpisah. Ikan dipanggang berbumbu kuning dengan bumbu kari yang benar-benar enak dan lezat. Saya sangat merasakan perbedaan kari India dengan kari Thailand. Kari India sangat kaya rempah dan terasa di lidah memang nikmat.

Kami benar-benar menikmati pesanan dengan luar biasa lezat. Selain nasi basmati, restoran ini juga memberikan naan dengan rasa bawang putih dan rempah. Suami saya sangat menyukai naan yang disajikan. Apa itu naan? Silahkan cek link yang ditautkan. Kami berdua sangat menikmati makan malam yang indah di restoran tersebut.