Danau Rannasee, di Dekat Perbatasan Austria dengan 5 Aktivitas buat Keluarga yang Bebas Menikmati Alam

Danau Rannasee.
Danau dikeliling hutan Bavaria yang indah.

Menggali potensi wisata area tempat tinggal menjadi pilihan saat ini, apalagi musim panas sudah datang. Namun cuaca memang harus mendukung agar niat untuk menikmati alam dan suasana tak terurung rasa malas seperti awan bergelayut saat kami datang ke salah satu danau di Bavaria yang dekat perbatasan negeri tetangga, Austria. Apa daya alam tetap menarik untuk dinikmati dan disyukuri apalagi tak ada tiket masuk. Gratis, tak perlu bayar bagi siapa saja yang datang.

Danau yang saya maksud masih dalam seputaran hutan Bavaria yang indah, bernama Rannasee. Letak danau ini hanya hitungan menit dengan negeri tetangga, Austria. Danau ini bisa menjadi pilihan keluarga-keluarga di sini berwisata, piknik atau berjalan ke hutan sembari berolahraga sehat. Pilihan olahraga alam seperti sepeda, jogging, jalan kaki, nordic walking, hingga meditasi bisa dilakukan di alam. Sayangnya kami datang di saat cuaca tak cerah, sedikit dingin dan gerimis sehingga tak banyak orang yang datang. Padahal danau ini sangat indah dikelilingi panorama negara bagian Bavaria yang memang berkontur pegunungan.

Lalu apa saja yang bisa dilakukan di danau ini? Berikut hasil pengamatan saya.

1. Bersepeda/mengayuh perahu

Bawa sepeda dari rumah lalu berkeliling danau dan hutan sekitar atau mengayuh perahu bebek.

Pilihan bersepeda di sini memang tepat karena kontur tanah yang tak rata menjadi tantangan tersendiri. Saya menjumpai beberapa kelompok kecil pesepeda mengarungi sekitar danau dan hutan sekitarnya. Tak bersepeda, bisa memilih olahraga seperti sepeda lainnya yakni mengayuh perahu bebek. Sayangnya perahu bebek sedang tak beroperasi. Perahu bebek ini bukan dikendalikan oleh motor untuk menjaga konservasi danau, melainkan tenaga manusia yakni mengayuh seperti sepeda.

Tak ada informasi berapa harga sewa perahu bebek per jam karena loket penjaga pun tutup. Mungkin cuaca yang tak tepat membuat urung loket dibuka. Sebagai informasi, biasanya musim panas begitu banyak orang keluar rumah menikmati alam dan hangatnya matahari. Belum lagi acara volkfest, gelar pekan budaya lokal tiap kota atau orang-orang memadati biergarten hanya untuk ngobrol dan minum bir. Kini semua tampak berbeda.

2. Berjalan di hutan

Siapkan peralatan jalan dan jaga kebersihan selama berjalan di hutan Bavaria yang indah.

Di Jerman begitu banyak pilihan peralatan hiking atau jalan-jalan ke pegunungan karena orang-orang di sini senang berjalan kaki, naik gunung, berpetualang, naik sepeda dan segala aktivitas yang mencintai alam. Itu sebab ada pilihan untuk aktivitas petualangan yang seru di alam terbuka, termasuk di area danau ini. Saya melihat beberapa orang membawa anjing peliharaan mereka berjalan mengitari danau dan hutan sekitar. Jika kita membawa anjing peliharaan, kita perlu membawa kantong yang tersedia di dekat tong sampah atau membawa sendiri dari rumah agar kotoran anjing bisa langsung dibersihkan. Lainnya tampak asyik berjalan nordic walking. Tak terasa berjalan di alam terbuka itu memberikan banyak manfaat batin.

3. Memancing

Memancing yang disesuaikan dengan aturan pemerintah di sini.

Bagi mereka yang punya hobi memancing dan punya lisensi untuk itu maka pergi ke danau bisa menjadi pilihan tepat. Memancing bisa menjadi kegiatan relaksasi sesaat bagi pecintanya. Air danau yang jernih dan aneka ikan yang dijelaskan di papan informasi memberi keuntungan tersendiri bagi pemancing. Bagi mereka yang mencari ketenangan pergi ke danau untuk meditasi sementara yang lain, mungkin memilih memancing.

4. Bermain bebas untuk anak

Arena bermain untuk keluarga dan hewan peliharaan seperti anjing.
Tersedia juga arena bermain air untuk anak, tetapi ini masih tertutup.
Untuk anak-anak, tetapi ini masih tertutup.

Itu sebab saya jelaskan di awal bahwa wisata danau ini bisa untuk keluarga dimana anak-anak bebas bermain. Di sini pun tersedia taman bermain untuk anak-anak. Selain itu, tersedia juga wahana air untuk anak-anak yang sementara ini masih tertutup.

5. Menikmati kuliner Bavaria di Biergarten

Dari area restoran dan biergarten ini, kita bisa menikmati kuliner dan panorama indah danau.

Pilihan terakhir adalah menikmati kuliner masakan Bavaria. Ya, tak jauh dari danau terdapat restoran dan biergarten yang memungkin siapa saja bisa menikmati kuliner sembari disuguhkan panorama danau dan hutan Bavaria yang mengagumkan.

Kesimpulan

Nah, itu tadi lima aktivitas yang saya amati bisa dilakukan untuk berwisata bersama keluarga di danau Rannasee. Mungkin ini bisa menjadi ide buat anda juga mengeksplor tempat wisata di wilayah tempat tinggal anda yang menarik dan mungkin juga tidak dipungut biaya masuk.

3 Comments

  1. Wow.!

    On 21 Jul 2020 11:27 a.m., “Make it in your life” wrote:

    > Anna Liwun posted: ” Danau Rannasee. Danau dikeliling hutan Bavaria yang > indah. Menggali potensi wisata area tempat tinggal menjadi pilihan saat > ini, apalagi musim panas sudah datang. Namun cuaca memang harus mendukung > agar niat untuk menikmati alam dan suasana tak t” >

    Liked by 1 person

  2. Di Manggarai Timur, Flores, NTT, ada danau Ranamese (koq namanya mirip yah) yg bisa dikelola menjd wisata keren spt Danau Rannasee ini. Beberapa wkt lalu saya sempat mampit, tp kotor krn sampah di mana2, sebuah tabiat bangsa Indonesia yg susah mengubahnya.

    Ini sekadar info kecil tentang Ranamese https://www.manusialembah.com/2018/12/danau-ranamese.html#:~:text=Asal%20Mula%20Danau%20Ranamese,hingga%20bagian%20tepinya%20terlihat%20curam.

    Liked by 1 person

    1. Wah, info yang menarik ini Mo. Saya baru tahu soal itu. Saya lihat danaunya tampak serupa, cuma di Jerman gak ada legenda rakyat tentang asal muasal nama danau ya… 😁😁😁

      Danau di sini semua bersih, bahkan bisa buat berenang juga. Terimakasih Mo sudah berbagi info dan melengkapi cerita saya🙂

      Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.