Bubur gandum pakai santan kelapa.

Ide sarapan pagi berikutnya datang dari kebiasaan sarapan pagi praktis dan tak perlu waktu untuk menyiapkannya. Saya mendapatkan ide bubur havermut saat dulu saya bersekolah dan teman sebangku saya sering membawakannya sebagai bekal istirahat di sekolah. Lalu saat saya masih berada di asrama mahasiswa di Jerman, salah satu teman kerap menyimpan havermut untuk sarapan pagi. Ternyata membuat bubur havermut itu mudah. Hanya waktu dua menit maka kita bisa mendapatkan sarapan pagi yang sehat dan bernutrisi.

Untuk resep berikut, saya menggunakan bubur havermut untuk vegan. Kebetulan resep ini memang berasal dari kenalan mahasiswa dahulu yang adalah seorang vegan. Kebanyakan havermut memang mencampurkannya dengan susu, tetapi bagi mereka yang vegan atau alergi dengan susu bisa menggantinya dengan santan cair. Untuk rasa manis, saya dapatkan dari pisang yang dilumatkan. Jika anda tak punya gula vanili, tak masalah. Sedangkan dekorasi topping, anda bisa gunakan keahlian.

Saran lain, jika anda tak suka atau tak punya santan kelapa maka ada pilihan lain. Gunakan takaran sama dan ganti dengan susu kedelai. Nutrisi dan resep yang sama baiknya untuk para vegan. Meski begitu, resep ini cocok untuk siapa saja yang ingin mencoba sarapan praktis dan bernutrisi.

Bahan yang diperlukan

Ini bahan yang diperlukan.
  1. 9 sendok makan havermut
  2. 150 ml santan cair
  3. 150 air matang
  4. 1 sendok gula vanili
  5. 1 buah pisang
  6. Dekorasi (anggur, kelapa kering dan bola-bola cokelat)

Langkah membuatnya

Gambar 1.
Gambar 2.
Gambar 3.
Gambar 4.
  1. Siapkan panci. Masukkan havermut, gula vanili, santan dan air matang. (lihat gambar 1)
  2. Masak hingga sekitar 1 menit.
  3. Masukkan pisang yang sudah dilumatkan. (lihat gambar 2)
  4. Masak lagi hingga adonan tercampur rata dengan pisang selama 1 menit. (lihat gambar 3)
  5. Kini anda sudah mendapatkan bubur gandum yang diinginkan. (lihat gambar 4)
  6. Hiasi bagian atas bubur sesuai selera.

Selamat mencoba di rumah!