Bunga ini memang masih satu familie dengan bunga aster, namanya Chamomile atau bunga kamomil. Bunga ini banyak dijumpai di sini karena ternyata bunga ini pun jenisnya disebut german chamomile. Bunga ini begitu mudah saya kenali dalam berbagai produk kecantikan artinya bahwa bunga kamomil mengandung khasiat yang baik untuk kesehatan kulit. Saya bisa temukannya di sini dalam produk lotion kulit, krim tangan, produk tisu basah misalnya. Namun, saya juga menemukan manfaat lain sebagai teh kesehatan.

Silahkan cek artikel saya sebelumnya tentang manfaat varian teh, salah satunya adalah teh chamomile.

Manfaat teh chamomile saya rasakan langsung saat itu juga ketika saya mengalami masalah perut. Oh ya, teh bunga kamomil ini baik untuk perempuan mengurangi secara optimal kram perut saat menstruasi. Hal ini dibuktikan dari sebuah jurnal penelitian bidang pertanian. Dinyatakan bahwa bunga kamomil mengandung zat yang menenangkan rahim. Kabar lainnya, nama chamomile dari bahasa latin bermakna “rahim.” Jaman dulu bunga chamomile dipercaya mampu mengobati keluhan ginekologis.

Selain itu, ekstrak bunga kamomil membuat kulit tetap sehat. Terbukti banyak produk kosmetik memanfaatkannya. Rupanya bunga kamomil ini mengandung anti oksidan dan anti inflamasi. Dengan begitu, manfaat ini sangat baik untuk mereka yang berjerawat karena mengurangi peradangan jerawat. Manfaat bunga kamomil yang juga saya temukan di supermarket di sini adalah sunblock lotion.

Jadi negeri yang saya tempati ini memang memiliki varian chamomile yang dikenal dunia. Chamomile Jerman juga memiliki dedaunan seperti pakis, tetapi batangnya bercabang. Untuk kelopaknya berwarna putih terkulai dengan bagian sentral kerucut kuning berongga. Namun hanya sang ahli yang bisa membedakan chamomile jerman dan chamomile jenis lainnya.

Konsentrat bunga kamomil digunakan tak hanya seperti yang saya jelaskan di atas. Dalam dunia pengobatan, bunga ini termasuk herbal aman sebagai antiseptik alami, penolak serangga, anti-inflamasi, anti-jamur, dan anti-bakteri. Bahkan teh chamomile bisa untuk menenangkan seperti saat anda mengalami kesulitan tidur. Bunga kamomil mampu menangkan sistim saraf dan tidak mengandung kafein seperti teh lainnya.

Jika anda menelisik manfaat soal bunga kamomil sesungguhnya hal ini sudah dipercaya beribu-ribu tahun lalu. Berawal dari penyebutan bunga ini yang berasal dari bahasa Yunani yang berarti apel. Aroma apel bisa anda rasakan saat memetik bunga ini dalam varian german chamomile yang saya temukan di sini.

Begitu banyak manfaat bunga chamomile yang sudah saya sebutkan di atas. Dari pengalaman memperhatikan bunga chamomile sampai akhirnya saya menjadi tahu manfaat bunga ini, yang saya bagikan pada anda.

Apakah anda tahu juga manfaat bunga kamomil?