Zurich, Swiss (5): Menikmati Hot Dog Kaki Lima dengan Cara Berbeda

Sosisnya dipanggang.

Memulai petualangan tempo lalu di Zürich atau Zurich, saya bercerita tentang street foods yang mungkin bisa dicoba bila anda datang ke Swiss. Sebagaimana anda tahu bahwa Swiss tidak memiliki mata uang Euro melainkan Swiss Franc (CHF). Kebetulan saya memang hanya memiliki sedikit uang Swiss Franc yang kemungkinan hanya bisa jajan di kaki lima. Akhirnya saya dan suami memutuskan untuk mengganjal perut makan hot dong sampai kami bertemu restoran nantinya.

Baca: Belgian Hot Dog yang tasty!

Hot dog ini umumnya sama seperti di Jerman, Belanda dan Belgia. Ini adalah sosis yang dimakan bersama roti. Roti bisa berupa roti baguette atau roti yang lainnya, namun pastinya makan sosis pakai roti. Itu yang disebut hot dog. Seperti yang pernah saya pesan di Christkindlmarkt di Passau atau di Antwertpen. Sosis yang dijajakan di musim dingin seperti ini memang paling nikmat jika dipanggang. Aromanya itu memikat dan membuat orang tergiur untuk mencobanya.

Baca: 4 Jajanan sosis di pasar natal

Beda hot dog, roti dan sosis dipisah. Roti di Swiss berbeda dengan roti baguette di tempat tinggal saya.
Hot dog yang dibeli umumnya seperti ini, roti baguette dan sosis menyatu.

Mungkin itu yang menyebabkan penjual hot dog di dekat pusat perbelanjaan Zürich dipenuhi banyak orang untuk membelinya. Saya dan suami masuk dalam antrian yang mengular. Aroma sosis membuat kami berdua lapar. Jika ada pelanggan memesan, si penjual langsung memanggangnya. Selama sosis dipanggang, ia menyiapkan rotinya.

Di Jerman, saya mendapati hot dog seperti ini dalam sisipan roti yang diberi sauerkraut, acar bawang, mustard, saus tomat hingga bubuk kari. Itu semua sesuai permintaan pemesan. Isian seperti ini sama dengan hot dog yang saya jumpai di Antwerpen, Belgia. Sedangkan di Zürich, hot dog yang saya beli hanya berupa sosis yang dipanggang dan roti yang terpisah. Jika kita ingin mustard atau kecap, disajikan terpisah yang diambil sendiri oleh pelanggan.

Begitu asyiknya kami berdua menikmati hot dog ini sehingga saya lupa mendokumentasikannya dengan baik. Saya hanya mengambil sekilas mengingat saya tidak ingin makanan yang saya pesan sudah dingin.

Nikmatnya street foods hot dog di Zürich seperti saya makan sosis di restoran sama saja. Sama-sama nikmat, maksudnya. Bedanya, pembeli tidak mendapatkan tempat duduk dan hanya berdiri di dekat situ atau dibawa pulang. Makan cepat dan masih panas adalah salah satu cara menikmati jajanan hot dog di sini. Hot dog dengan roti dan sosis panggang yang terpisah. Ini cara baru menikmati hot dog dengan sosis yang enak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.