Linderhof Palace (1): Menjangkau Royal Villa Tersembunyi nan Mewah di Bavaria

Istana Linderhof tampak depan.
Berada di sekeliling pegunungan yang indah.
Patung Raja Ludwig II dari Bavaria.

Destinasi wisata yang saya kunjungi berikut berada di negara bagian Bavaria atau Bayern di Jerman. Ini bisa menjadi rekomendasi anda jika anda sedang berada di Munich atau München. Pasalnya ada pilihan paket wisata yang bisa dipilih seperti saya dulu menjangkau istana Linderhof dari Munich bersama teman mahasiswa asal Indonesia. Dengan paket tur langsung, dijamin anda akan merasa puas dengan layanan informasi selama menuju istana.

Cerita saya sebelumnya saat mengunjungi istana Linderhof atau Linderhof Schloss bisa di cek di link ini. Saya berkunjung ke Linderhof Schloss atau Linderhof Palace saat musim dingin. Saat musim winter tentu berbeda dengan musim panas. Saat saya datang di musim dingin, hampir sepenuhnya pemandangan tertutup warna putih salju. Suhu udara dingin juga membuat saya tak bersemangat keliling bagian luar istana di sekitar taman, karena semua tampak tak indah dan tertutup salju.

Berbeda dengan musim dingin, musim panas memiliki pengalaman tersendiri. Akhirnya saya dan suami beberapa waktu lalu berkunjung ke Linderhof Palace dengan kendaraan pribadi. Di sepanjang perjalanan saya mendapat suguhan panorama pegunungan Bavaria yang indah, hijau menghampar dan suasana pedesaan yang romantis. Itu sebab, Raja Ludwig II dari Bavaria membangun Royal Villa di sini. Begitu pemikiran saya sepanjang perjalanan.

Linderhof itu juga letaknya berada dalam jangkauan Oberbayern atau Southwest Bavaria. Bangunan yang berbentuk istana ini lebih disebut Royal Villa atau tempat peristirahatan bagi Raja Ludwig II. Ini semacam tempat retreat bagi Sang Raja dan tempat favorit. Lagi pula letak Linderhof itu tak jauh dari Munich, ibukota negara bagian Bavaria. Saya pikir ini adalah salah satu alasan Raja Ludwig membangun villa di sini.

Taman bagian depan istana, dimana musim dingin saya tak berhasil memotretnya. Musim panas taman ini begitu indah.
Royal Villa yang memang layak dijadikan tempat peristirahatan raja.

Bila menjangkau dengan kendaraan pribadi, kita diwajibkan membayar retribusi parkir di pintu masuk. Besarannya sekitar 2,50€. Sesuai kondisi sekarang yang masih berlangsung pandemi, maka kita mendapatkan selembar kertas berisi informasi pengunjung yang wajib di isi. Lalu data ini diserahkan kepada petugas tiket saat membeli tiket masuk ke dalam istana.

Bagi anda yang ingin datang dengan kendaraan umum, tentu istana ini pun mudah dijangkau. Saya melihat halte bus terdekat yang langsung menjangkau pintu masuk, dekat penjualan tiket. Dari Hauptbahnhof München, silahkan naik kereta menuju kota Garmisch-Partenkirschen. Lalu setelah tiba di kota tersebut, silahkan naik bis nomor 9606 dan berhenti di Ettal. Lanjutkan lagi bis nomor 9662 dan tiba langsung menuju halte Schloss Linderhof.

Perjalanan dari Munich ke Linderhof Palace memakan waktu tiga jam setengah. Selama perjalanan anda juga akan mendapati panorama pedesaan Bavaria yang indah. Begitu tiba di lokasi pun, anda bisa melakukan trekking yang bersentuhan dengan alam. Untuk toilet, pengunjung tidak dikenakan biaya dan toilet pun cukup bersih.

Mengingat kondisi pandemi yang masih berlangsung, pengunjung istana pun dibatasi jumlahnya dan wajib mengenakan masker. Anda harus menunggu kelompok antrian agar ada jarak aman selama di dalam istana. Nomor antrian tertera di tiket masuk.

Lebih lanjut cerita saya soal Linderhof Palace, silahkan dinantikan!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.