Mulai dari Minyak Sayur sampai Makanan Organik, Ini Manfaat Bunga Matahari yang Menarik

Bunga matahari milik sendiri.
Ladang bunga matahari. Gambar 1.
Gambar 2.

Bunga matahari yang selama ini saya kenal tak lebih dari sekedar bunga yang dipandang sangat cantik, apalagi saat musim panas di negeri empat musim. Saya mengenal lebih banyak lagi tentang bunga matahari saat saya melihat ladang bunga matahari. Saat itu saya melewati area pedesaan di Jerman dan melihat hamparan ladang bunga matahari yang sepertinya memang sengaja ditanam. Rupanya bunga matahari ini punya banyak manfaat bagi kehidupan manusia.

Selain bunganya yang indah, saya tahu bahwa kuaci itu juga berasal dari bunga matahari. Cemilan pengisi waktu ini banyak digemari dulu saat di Indonesia. Sementara di sini, bentuknya mirip seperti kuaci tetapi lebih kecil seperti biji-bijian pun biasa menjadi makanan burung. Biji-bijian untuk makanan burung ini juga berasal dari bunga matahari. Biji bunga matahari konon banyak mengandung protein, magnesium dan vitamin E.

Ngomong-ngomong soal biji matahari, saya pun akhirnya menjadi tahu mengapa bunga matahari ini dipanen. Biji dari bunga matahari yang dikeringkan ini bisa menjadi minyak nabati. Di superamarket di sini saya bisa menjumpai minyak goreng kemasan dari bunga matahari. Katanya sih, minyak ini baik untuk menggoreng, memanggang bahkan untuk campuran salad dressing pun baik pula digunakan.

Gambar 3.
Gambar 4.

Minyak bunga matahari ini tak hanya untuk kebutuhan memasak saja loh, melainkan juga untuk kesehatan kulit. Seperti yang saya sampaikan sebelumnya, minyak bunga matahari banyak mengandung vitamin E yang baik untuk meregenerasi kulit. Dalam sebuah penelitian dikatakan bahwa minyak bunga matahari mengandung anti bakteri yang bisa membantu penyembuhan luka. Bagaimana pun minyak bunga matahari itu paling populer di dunia.

Lepas dari minyak dan biji dari bunga matahari ini, ternyata ada manfaat kesehatan lainnya dari panen bunga matahari. Bunga matahari bisa dijadikan butter dan berbagai makanan organic yang menyehatkan. Nutrisi ini berasal dari bunga matahari yang menjadi mahkota bunga ini yang mengandung vitamin, mineral dan magnesium. Saran diet sehat juga menganjurkan biji-bijian bunga matahari untuk dikonsumsi.

Dari sekedar mengamati ladang bunga matahari yang indah, saya akhirnya memiliki untuk ditanam sendiri. Rupanya tanah yang ditanam bunga matahari ini bisa mendetokfikasi tanah yang terkontaminasi. Bunga cantik ini bisa menghiasi perkarangan rumah agar tampak menawan, apalagi di musim panas kali ini.

Apakah anda punya pengalaman tentang bunga matahari?

6 Comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.