Zurich, Swiss (6): 5 Ide Pengisi Waktu Luang yang Bisa Dilakukan di Stasiun Utama

Tampak banyak orang sedang menunggu jadwal kereta di stasiun utama di Zurich.
Stasiun utama Zurich ini di musim dingin dilengkapi aksesoris light show yang membuat sebagian orang bisa berfoto.

Menunggu adalah pekerjaan yang membosankan bagi sebagian orang yang mempercayainya. Padahal ada banyak hal yang bisa dilakukan lebih dari sekedar menunggu, termasuk saat anda menunggu jadwal kereta anda di stasiun utama Zurich. Di stasiun paling sibuk di Swiss ini tentu anda bisa melakukan lima hal berikut bila anda mau.

Pengalaman saat kami menunggu berada di stasiun utama Zurich, stasiun ini cukup luas dan nyaman. Berbagai fasilitas tersedia di sini seperti ruang tunggu, money changer dan mesin penarikan uang otomatis hingga WIFI. Namun saya juga paham bahwa menunggu bukanlah hal mudah maka lima hal berikut bisa membantu anda melewatkan waktu di stasiun utama Zurich ini.

1. Pijat

Perjalanan jarak jauh bisa jadi membuat anda lelah sehingga perlu rileksasi. Bagaimana dengan mencoba pijet di kursi pijet? Letak kursi pijet yang disewakan ini tak jauh dari ruang tunggu. Di situ terdapat kursi pijet yang disediakan khusus untuk membuat anda nyaman dan rileks sambil menunggu jadwal kereta tujuan anda.

Sayangnya kursi pijet ini tidak gratis seperti di tempat lain yang pernah saya kunjungi. Untuk 10 menit, kursi pijet ini perlu uang 3 CHF, mata uang Swiss agar bisa memijat anda. Nikmati sesaat rileksasi pijet yang ditawarkan di sini, siapa tahu ini membuat bersemangat melanjutkan perjalanan lagi.

2. Makan di restoran/kafe

Ini yang saya pesan di salah satu restoran di stasiun utama Zurich.
Glühwein.
Es teh.

Sambil menunggu jadwal keberangkatan kereta, mungkin anda ingin minum kopi dan makan kue cokelat. Bisa. Di sini tersedia kafe dan restoran yang bisa disesuaikan dengan selera anda. Di sini pula, saya dan suami menikmati makan malam di salah satu restoran sambil menunggu jadwal kereta kembali ke Jerman. Ketersediaan WIFI, makanan enak dan tempat yang cozy bisa anda dapatkan di sekitar stasiun.

3. Berbelanja sovenir

Sovenir lucu dari Zurich.

Belum membeli sovenir dari Swiss? Oh tenang saja, di stasiun utama ini anda bisa mendapati toko sovenir besar yang menyediakan sovenir untuk dibawa pulang. Apa pun aneka barang bertuliskan Switzerland atau Zurich bisa didapat di sini. Ada pula pisau lipat dan perlengkapan teknis khas Swiss. Cokelat Swiss pun tersedia di sini. Semua tergantung budget anda. Toko sovenir ini cukup besar. Anda pun bisa membayar juga dengan cashless.

4. Shopping di ShopVille, Zurich

Bila kota atau negara lain umumnya hanya menjadikan stasiun sebagai pangkalan kereta api saja, di Zurich sedikit berbeda. Sebagai stasiun utama kereta di Swiss, stasiun ini termasuk yang tersibuk sejagat Swiss. Agar tidak membosankan selama di stasiun ini, ada pilihan mall juga. ShopVille dibangun sejak tahun 1970 yang menyediakan berbagai kebutuhan berbelanja, kulineran dan kecantikan. Mall terbuka tanpa libur, bahkan hingga larut malam. So, jika anda belum sempat berbelanja tas cantik di Zurich maka anda bisa tetap berbelanja di sini.

5. Titip tas dan bersiaplah city sightseeing

Stasiun utama Zurich tampak depan.

Ide terakhir adalah bila anda ingin menitipkan koper dan barang bawaan anda sementara anda masih ingin berkeliling yang tak mau direpotkan. Di stasiun ini di lantai 1 sebelum area hall utama stasiun terdapat ruang penitipan tas dan bawaan penumpang. Syaratnya adalah anda harus punya uang CHF, mata uang lokal untuk memfungsikan ruang loker tersebut. Ukuran barang terkecil yang dititipkan sekitar 5CHF hingga 12 CHF per 6 jam pertama.

Jika anda adalah penumpang transit dan belum pernah keliling Zurich maka anda bisa mencoba ide ini. Lokasi destinasi wisata di Zurich itu semua bisa dijangkau dengan hanya berjalan kaki. Berapa lama waktu anda untuk transit? Semua bisa dikelola asalkan anda tahu bagaimana mensiasatinya. Satu hingga tiga jam cukup bila anda hanya ingin berfoto saja. Berjarak hitungan menit pun anda bisa shopping merek ternama dunia, itu pun jika anda mau.

Demikian cerita seru pengalaman kami mampir sebentar ke Zurich, Swiss. Cerita liburan berlanjut ke negeri tetangga Swiss, yakni Austria. Penasaran? Nantikan pengalaman liburan kami segera. Kemana? Ditunggu ya!

2 Comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.