Innsbruck, Austria (1): Kota Metropolitan Diapit Pegunungan Alpen yang Indah

Kota diapit pegunungan Alpen.
Tak terbayang saat musim winter, itu sebab saya pilih datang di musim panas.
Kanan adalah stasiun utama (=Hauptbahnhof) dengan pemandangan panorama Alpen.
Seberang stasiun utama di hari Minggu pagi.

Setelah cerita saya tentang Swiss berakhir, kali ini jelajah artikel saya ke Austria. Luasnya Austria akhirnya berhasil saya jelajahi seluruhnya dengan menginjakkan kaki di kota kelima terbesar di Austria. Kota terbesar pertama adalah Wina, kedua adalah Graz, ketiga adalah Linz, keempat adalah Salzburg dan kelima adalah Innsbruck, yang akan diceritakan selanjutnya.

Lalu apa yang anda bayangkan tentang Innsbruck?

Kota Innsbruck kerap saya dengar saat menyaksikan gelaran olahraga musim dingin. Maklum program televisi di kamar tidur banyak didominasi siaran olahraga yang jadi favorit suami saya. Pada akhirnya saya menjadi tahu ternyata ada olimpiade atau pertandingan khusus untuk musim dingin, dimana saya yang berasal dari negeri tropis tidak banyak mengenalnya. Pergelaran olahraga musim dingin salah satunya dilaksanakan di Innsbruck.

Alasan pergelaran olahraga musim dingin di kota yang dikelilingi pegunungan Alpen ini rasanya tepat saja. Saya bisa membayangkan bagaimana kondisi kota ini bila musim dingin tiba. Saya sendiri meminta suami bertandang tidak pada saat musim dingin. Wilayah sekitar kota Innsbruck bisa menjadi ajang bermain ski misalnya karena kontur geografis yang cocok untuk olahraga tersebut.

Sejak dibangun tahun 1963, gedung ini sudah berhasil menggelar 4 kali Winter Olympics, termasuk Winter Youth Olympics.
Menikmati es krim di tepi sungai Inn di kota tua (=Altstadt), Innsbruck.

Di kota ini banyak turis datang untuk bermain ski mulai dari amatiran, mereka yang baru belajar hingga atlet profesional. Mereka yang mau belajar bisa menemukan “sekolah” ski di sini. Sebaliknya suasana alam pegunungan Alpen sekitar Innsbruck juga menunjang untuk digelar pertandingan ski. Mulai dari ski, snowboarding hingga ski touring pun bisa dilakukan di Innsbruck.

Hal lain yang juga saya temukan berkaitan dengan olahraga musim dingin adalah gedung olimpiade yang berada di sini. Saat kami melakukan program tur satu hari, kami melintasi gedung olimpiade berikut lambang dan penjelasannya dari petugas tur kepada kami. Lebih jelasnya, saya akan lanjutkan pada tur sehari di Innsbruck.

Sebenarnya Innsbruck tak hanya indah dan banyak dikunjungi kala musim winter saja, kata suami saya. Kami yang datang di musim panas seperti sekarang juga kerap bertemu turis yang hendak mendaki, berpetualang di pegunungan hingga camping di sini. Baik musim dingin maupun musim panas sama-sama pilihan tepat untuk datang ke sini. Semua tergantung selera anda sendiri. Bagi anda yang suka dengan suasana pegunungan dan panorama pemandangan hijau maka kota ini layak untuk dikunjungi.

Innsbruck adalah jantungnya pegunungan Alpen. Ini adalah ibukota Tyrol, yang sebagiannya berada di negara Italia. Innsbruck menawarkan panorama keindahan alam pegunungan dan budaya orang-orang Tyrol yang menurut saya agak mirip dengan orang-orang Bavaria, yang sama-sama tinggal di sekeliling pegunungan.

Dahulu memang ada sejarah tersendiri antara orang Tyrol dan orang Bavaria. Tyrol atau Tirol sendiri ada yang tinggal di Italia, yang kemudian dikenal dengan orang-orang Tirol Selatan (=Süd Tirol). Sedangkan Innsbruck menjadi “kota utama” dari penduduk yang dulunya disebut Tyroleans. Innsbruck pun tak lepas dari sungai Inn yang melintasi pusat kota. Mungkin ini alasan dibalik nama kota ini, pikir saya. Sungai Inn ini sendiri juga melalui sebagian wilayah di Bavaria, Jerman.

Nantikan cerita saya seputar kota Innsbruck selanjutnya!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.