Poppy Merah, Bunga Tumbuh di Antara Ilalang yang Tak Bisa Dimiliki

Bunga poppy merah.
Tumbuh di antara tanaman lainnya.

Bunga yang satu ini tidak saya miliki apalagi saya temukan di toko kembang. Artinya, bunga berikut ini memang tidak ada yang menjual seperti kebanyakan bunga yang saya ceritakan dalam artikel-artikel sebelumnya.

Bunga yang akan saya ceritakan ini ditemukan di lahan liar daerah pedesaan atau ilalang tepi jalan. Bunga ini memang tidak terawat seperti umumnya bunga-bunga lain. Namun bunga indah ini begitu memikat saya sehingga saya pun mendokumentasikannya.

Seperti yang anda lihat, saya berhasil menemukan bunga tersebut di antara ilalang tepi jalan raya. Saya bertanya pada suami, apa nama bunga ini dalam bahasa Jerman? Bunga ini disebut “Mohnblume” dalam bahasa Jerman yang akhirnya menjadi pencarian saya tentang bunga warna merah darah ini.

Warna merahnya memang memiliki arti sendiri dan tampak mencolok di antara hijau ilalang. Katanya warna merahnya menandakan darah. Simbol darah sendiri dikaitkan dengan kematian. Itu salah satu versi informasi yang saya baca.

“Mohnblume” dikenal sebagai bunga poppy, lebih tepatnya bunga poppy merah. Bunga ini saya temukan sekitar musim panas. Bunga poppy dengan warnanya yang mencolok di sekitar ilalang memang dikatakan muncul hanya di musim panas di Jerman.

Bunga liar ini memang tumbuh di area terbuka yang menyebabkan serbuk bunga terbawa angin dan menjadi benih baru. Poppy merah ini tak bertahan lama karena bunganya akan rontok dalam hitungan hari. Tentu ini alasan mengapa tak bisa dimiliki.

Bentuk bunga poppy merah yang indah sering dijadikan berbagai ilustrasi desain. Lainnya berpendapat bunga poppy merah ini disebut poppy merah sutra. Bunga ini sendiri begitu tumbuh liar karena memang tidak dijual. Alasan lain bunga cantik ini tak bisa dimiliki, bunga poppy merah ini berbahaya untuk ditanam. Kandungan getah bunga ini yang berwarna putih pada tangkainya sangat beracun. Pikiran saya pun langsung mengkaitkan bunga poppy merah ini dengan lambang kematian.

Informasi lain adalah bunga poppy merah kerap ditemukan sebagai lambang peringatan perang dunia pertama. Bunga poppy merah disematkan seperti bros di bagian depan. Bunga poppy merah menjadi perlambang tidur abadi. Meski demikian, tak selamanya bunga poppy merah memiliki warna merah saja, namun bunga poppy merah lebih banyak dikenal sebagai hiasan dan dekorasi.

Pada akhirnya saya percaya bahwa sesuatu yang indah itu tak selamanya bisa dimiliki bila itu membahayakan. Seperti bunga poppy merah yang saya lihat begitu mempesona, tetapi tidak bisa saya petik. Bahkan bunga ini pun dilarang untuk ditanam, itu sebab memang tidak diperjualbelikan di sini.

7 Comments

    1. Betul bu Rini, bunga cantik ini tumbuh liar, kalau Echinacea bisa ditanam dan dipelihara di rumah. Supermarket di sini bisa menjual aneka bibit bunga, sayur dan buah. Lagi masak apa di rumah, bu? Terimakasih ya sudah mampir

      Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.