Makanan Khas Jerman (72): Bayrischer Kartoffelkas, Kentang Keju yang Pembuatannya Tanpa Keju dan Resepnya

Kartoffelkass tampak di gelas kiri, yang disajikan dengan roti dan salad sayuran.
Kartoffelkas buatan sendiri, enak sekali.
Cara menikmatinya adalah meletakkannya di atas roti, seperti selai.

Apa yang anda bayangkan dari kentang bercampur keju yang dijadikan selai untuk roti? Kira-kira demikian penggambaran kartoffelkas yang dijelaskan berikut ini. Pengalaman saya dengan kartoffelkas saat saya mengunjungi restoran lokal di sini bersama suami. Suami sendiri sudah memesan presswurst yang bisa dicek di link yang ditautkan. Kemudian pilihan saya jatuh pada kartoffelkas saat pramusaji bertanya pesanan saya.

Kartoffelkas punya nama yang beragam meski bentuk dan rasanya pun sama. Di Bavaria wilayah tempat tinggal saya, ada yang menyebutnya kartoffelkas atau kartoffelkäse. Sementara suami saya lebih mengenal nama makanan tersebut sebagai Erdapfelkäse. Semua julukan nama pada kentang halus tersebut merujuk pada “Kartoffel” atau “Erdapfel” sebagai kentang dalam bahasa Indonesia. Sedangkan “käse” adalah keju.

Biasa disebut juga sebagai kentang keju, tetapi tidak dibuat dengan keju. Nama ini diberikan karena makanan ini begitu lembut dan enak seperti keju. Dahulu hidangan ini disajikan bagi para pekerja dan petani usai panen kentang. Bagaimana pun kentang menjadi salah satu makanan pokok di Jerman. Anda bisa mendapati hidangan ini di area Bavaria dan Austria, meski sekarang makanan ini bisa dinikmati kapan saja.

Dengan istilah kentang halus rasa keju tersebut, kartoffelkas sesungguhnya tidak benar-benar dibuat dari keju. Setelah saya berhasil memesannya di restoran, saya pun bermaksud membuatnya sendiri di rumah. Kebetulan juga, saya tidak menemukannya terjual di supermarket. Suami saya pun berpendapat bahwa kartoffelkas biasa dibuat di rumah dengan racikan bahan sederhana.

Gambar 1.
Gambar 2.
Di restoran bisa juga menggunakan roti gandum atau bretzel.

Setelah pencarian yang buntu di supermarket alias saya tidak mendapatkan kartoffelkas yang terjual maka saya putuskan membuatnya sendiri. Dalam pembuatannya, kartoffelkas begitu mudah dan tak perlu keju. Loh? Pembuatannya agak mirip dengan kartoffelbrei atau mashed potato, hanya saja kartoffelkas tidak memerlukan susu dan tak perlu dimasak lagi seperti bubur kentang.

Pertama, kentang sudah direbus terlebih dulu lalu didiamkan beberapa lama hingga menjadi dingin. Kemudian, kentang dihaluskan seperti pada gambar 1 dengan alat penghancur kentang hingga halus. Seperti pada gambar 2, campurkan adonan kentang dengan bawang putih yang dihaluskan, bawang bombay yang dicincang, garam, merica, irisan daun kucai dan butter. Butter ini yang punya tekstur lembut seperti susu yang menjadikan kartoffelkas seperti kentang keju.

Untuk menikmatinya, cukup letakkan adonan kartoffelkas di atas roti. Ya, anda mengolesi roti seperti selai begitu yang saya tunjukkan dalam foto di atas. Hasilnya, ini adalah makanan yang benar-benar lembut dan tasty. So, ada berbagai pilihan menikmati roti, salah satunya adalah mengolesi kartoffelkas.

2 Comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.