Rottauensee, Danau Buatan untuk Atasi Banjir yang Kini Begitu Cantik dan Gratis Berwisata

Gambar 1.
Gambar 2.
Gambar 3.

Selama ini saya berkunjung ke danau-danau cantik di area tempat tinggal saya di Bavaria, ada yang danau nature namun ada pula yang buatan. Bagaimana pun danau-danau cantik ini bisa menjadi area wisata keluarga yang gratis dan tempat rekreasi menikmati alam sekitar. Apalagi kondisi seperti sekarang ini, disarankan untuk mengeksplorasi potensi wisata di sekitar wilayah tempat tinggal kita. Jika tempat wisata tanpa tiket masuk berarti menjadi tanggung jawab bersama untuk memelihara dan menjaga danau yang dikunjungi tersebut.

Adalah danau buatan Rottauensee yang kami kunjungi beberapa waktu lalu. Jangan heran kalau di area Bavaria, tempat tinggal saya sekarang memang memiliki banyak danau. Danau Rottauensee ini hanya danau biasa yang tak populer, tetapi menjadi tempat menarik warga untuk rehat, berekreasi yang bebas dan melakukan berbagai aktivitas air lainnya. Aktivitas yang saya maksud seperti memancing, berenang, main kano atau boat dan berbagai aktivitas warga lainnya.

Piknik bersama keluarga juga menjadi pilihan warga datang ke danau ini. Karena danau ini luas, warga bisa membawa berbagai perlengkapan piknik dan makanan untuk dinikmati di sekitar danau. Sementara fasilitas yang tersedia seperti tempat sampah, bangku dan meja kayu dan lain sebagainya memang terbatas. Kebersihan menjadi tanggung jawab bersama agar siapa saja bisa memanfaatkan tempat ini menjadi area warga berwisata.

Gambar 4.
Gambar 5.
Gambar 6.

Menelisik nama danau buatan ini, Rottauensee dalam benak saya, mungkin masih ada kaitan dengan sungai Rott. Sungai Rott ini memang tak sebesar sungai lainnya tetapi memiliki kemampuan besar juga saat banjir datang. Dalam catatan dikatakan ada ribuan hektar lahan pertanian yang rusak akibat banjir ini dan berbagai kerusakan lainnya pada bangunan dan fasilitas umum lainnya. Atas musibah ini, akhirnya pemerintah setempat berinisiasi membuat bendungan, yang juga saya kunjungi tetapi tidak saya sertakan dalam artikel ini. Selain bendungan, terdapat juga danau buatan sebagai sumber irigasi lahan pertanian sekitarnya. Hingga sekarang, tak ada lagi banjir datang.

Danau buatan ini kemudian dikenal Rottauensee yang kini menjadi area rekreasi gratis dan tempat relaks para warga sekitarnya. Di sini terdapat lahan lapangan golf, mini golf, lapangan tenis dan tempat olahraga air lainnya. Setelah kualitas air diuji, ternyata banyak warga juga membuatnya menjadi pemandian umum, memancing dan area piknik keluarga. Warna cokelat pada air danau merujuk pada kualitas tanah dasar danau.

Tak ada pula warga yang berani membuang sampah atau mengotori danau ini. Larangan ini juga untuk kepentingan bersama. Sekarang warga tak perlu bayar mahal hanya untuk melepas kepenatan, piknik bersama keluarga atau melakukan aktivitas olahraga. Pemerintah lokal sudah menyediakan sarananya. Seperti saya memanfaatkan akhir pekan dengan piknik bersama keluarga sembari bermain boat kecil mengitari danau yang tak luas ini.

Jadi, siapa bilang piknik harus bayar tiket masuk? Jika ada fasilitas yang disediakan pemerintah untuk warganya, mengapa tidak kita memanfaatkannya? Main golf, main tennis, berselancar atau sekedar makan bersama keluarga di tepi danau. Oh, indahnya!

9 Comments

    1. Thank you, Ursa. Those article is written in Bahasa, my mother language. Pleas use google translate to find your information needed. I was been in pretty Lake around my home. Also we are free to come🙂
      Have a good day☕

      Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.