Schloss Ort, Trauensee (1): Gelar Pernikahan di Kastil Pinggir Danau yang Dikelilingi Pegunungan Alpen, Mau?

Schloss Ort, kastil pinggir danau Trauensee di Gmunden Austria.
Pintu keluar masuk dengan jembatan kayu.
Jalur masuk melalui kastil ada patung “Yesus Berbelaskasih”.
Rathaus untuk pengesahan catatan sipil di muka kastil.
Tampak juga pengantin lainnya bersiap diri.

Jika anda datang ke Salzburg tidak benar-benar pusat kota maka anda akan mendapati beberapa danau-danau indah yang mengitarinya. Kontur pegunungan yang indah dan hijau ditambah jernihnya air danau menguatkan niat banyak wisatawan untuk berlibur. Sebagai contoh beberapa tahun lalu kami berlibur musim panas di Wolfgangsee, Fuschlsee atau Hallstatt. Nah kali ini masih di Salzburg, saya ajak lagi anda datang ke Trauensee. Cerita tentang danau ini akan saya buat terpisah, saya utamakan kastil yang berada di situ untuk dibahas sekarang.

Mengapa?

Kastil Schloss Ort menjadi pilihan banyak pengantin untuk membuat foto prewedding dan menggelar pemberkatan nikah hingga resepsi. Semua sah saja dilakukan di kastil ini, apalagi pencatatan pernikahan secara sipil pun dapat dilakukan karena tak jauh dari kastil ada Rathaus yang memproses pencatatan pernikahan tersebut secara hukum.

Alasan berikutnya tentu pilihan pribadi manakala pernikahan impian bak pangeran dan putri di kastil semakin menguatkan alasan mengapa menikah di kastil ini. Ada kapel pula di dekat situ sehingga pasangan pengantin bisa langsung menggelar pemberkatan pernikahan. Jadi fasilitas yang lengkap untuk pengantin. Ditambah suasana romantis kastil tepi danau membuat siapa saja suka berada di sini.

Kastil ini terbilang berusia sangat tua, tercatat kastil ini pernah ada tahun 1080. Silih berganti abad ternyata membuat kastil ini pun silih berganti kepemilikkan. Bahkan Kaisar Franz Joseph I pun pernah menjadi pemilik kastil pada tahun 1914. Abad berganti abad kastil ini masih tampak sama seperti dulu kala tetapi sayangnya kastil ini sempat diabaikan saat terjadi perang dunia. Kastil pun terbengkalai dan tak terawat hingga pada tahun 1973.

Nama kastil ini menjadi populer kala tahun 1990-an kastil ini dijadikan lokasi shooting serial TV berbahasa Jerman. Suami saya pun menyebutkan nama salah satu TV seri yang dulu populer menjadikan kastil ini sebagai lokasi pengambilan gambar.

Jembatan kayu dengan santo Yohanes Nepomuk.
Pemandangan pegunungan sekitarnya yang indah.
Bunga-bunga di sisi jembatan.
Kastil sementara ditutup ada resepsi pernikahan.
Ini pengantin berbeda juga bersiap diri untuk pulang.
Love locked menjadi tempat simbol cinta yang berlokasi di dekat kastil.

Pemerintah setempat kemudian mengambil alih kastil ini setelah melihat area danau di sekitar kastil dijadikan kunjungan wisatawan. Padahal tak ada tiket masuk untuk masuk kastil dan danau di sekitarnya. Kastil kuno yang memiliki pemandangan pegunungan dan danau yang indah ini dijadikan tempat perhelatan pernikahan. Seperti saat kami datang beberapa pasangan pengantin telah antri menggelar pernikahan. Ada juga pasangan pengantin yang hanya menjadikan kastil sebagai lokasi foto pernikahan bersama seorang fotografer dan penata gaya.

Bagian sisi kastil yang terbuka di dekat danau, tampak seperti restoran diisi dengan acara jamuan makan untuk keluarga pengantin. Saat kami memasuki bagian dalam kastil, ada palang penutup dan papan informasi bahwa kastil sedang tutup. Saya melihat bagian katering makanan sedang bersiap merapikan makanan.

Kami hanya bisa berkeliling di sekitar luar kastil. Ada bangku kayu dengan pemandangan indah danau dan pegunungan nan hijau. Lainnya, ada spot dua skulptur berbentuk hati yang dijadikan tempat menancapkan gembok cinta. Ini semacam love locked sama seperti berbagai tempat lainnya di dunia.

Usai keluar kastil, saya masih menjumpai sepasang pengantin berjalan ke arah kastil. Kami pun kembali ke danau dan di sana masih ada dua kelompok yang berpakaian seragam konyol, menggelar acara lepas masa lajang. Jadi kastil ini memang menjadi lokasi kegembiraan para pasangan pengantin.

Happy Sunday!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.