Makanan Khas Jerman (73): Klassische Grillspiesse, Sate Panggang pakai Kentang Goreng

Sate ala Jerman.

Sabtu beberapa pekan lalu kami menikmati wellness holiday hanya di akhir pekan karena jadwal liburan kami memang tertunda. Kami pergi ke area wellness resort yang terdekat, yakni Bad Fussing dimana banyak permandian, area relaksasi, entertainment dan hotel yang menawarkan program kesehatan dan rekreasi yang nyaman. Tentu di area ini ada banyak pilihan sajian restoran dengan berbagai citarasa. Kami memilih menikmati makan siang di Restoran Le Pastis Brasserie.

Semula kami berpikir ini adalah restoran yang menawarkan sajian citarasa Prancis, ternyata tidak juga. Ada hidangan Italia, masakan lokal dan berbagai pilihan sajian ringan lainnya. Ada aneka salad dan hidangan kue pastry yang juga bisa anda pilih.

Kami berdua memilih grillspieß yang jadi menu andalan saat kami datang. Grillspiess itu sudah pernah kami bahasa sebelumnya. Ini semacam sate dari Jerman yang terdiri atas potongan daging tanpa lemak dengan selipan bawang dan paprika. Sate ini biasa dijual saat musim panas dimana banyak orang berinisiatif membuat barbeque atau memanggang makanan. Meski begitu, ada saja acara memanggang lainnya pada musim winter yang biasanya kami jumpai di pasar natal.

Selang sekian menit, pesanan kami berdua datang. Ini adalah hidangan porsi makan siang yang besar untuk saya. Ada dua tusuk sate dan kentang goreng yang membuat saya bingung bagaimana menghabiskannya. Sate grillspiess ini tidak ada bumbunya. Ada kräuterbutter untuk melengkapi rasanya, jika suka. Ternyata cukup enak dan rasanya tak mengecewakan. Grilspiess ini memang menggiurkan yang tampak dari warna-warni paprika, irisan bawang dan daging tanpa lemak.

Hidangan grilspiess biasa ditawarkan kala musim panas di restoran atau dijual di supermarket. Di supermarket tentu anda bisa langsung memanggangnya langsung tanpa perlu sibuk menusuk bagian demi bagian sate. Anda bebas menyajikan grilspiess dengan aneka hidangan side dishes lainnya seperti kentang goreng, salad atau nasi.

Di musim panas, jangan heran bila kita di sini sering mendapatkan undangan barbeque atau grillparty dari keluarga dan kenalan. Selebihnya jika tak mau repot, kita bisa memesannya di restoran atau membeli yang sudah langsung tersedia. Meski musim panas telah berlalu dua hari lalu, tetapi kesan barbeque memang identik dengan musim panas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.