Kreasi Sendiri (99): 4 Resep Tahu atau Tofu yang Berbeda dari 4 Negara

Tahu kuah kari santan.

Tofu atau tahu memang lebih umum disajikan di restoran selera asia. Padahal tahu ini sudah banyak digandrungi orang-orang Eropa yang memilih hidup vegan dan vegetarian. Anak muda pun banyak yang menggemari tahu dalam konsumsi makanan sehari-hari. Itu sebab saya bisa menjumpai tahu di supermarket di Jerman.

Biasanya saya mengolah tahu seperti kebanyakan masakan nusantara umumnya. Lalu seorang kenalan asia lainnya memperkenalkan aneka macam kreasi tahu yang diketahuinya. Empat resep kreasi tahu berikut saya buat kemiripan dengan masakan nusantara. Dengan begitu anda tahu bahwa migrasi kuliner bisa jadi pernah terjadi sekian tahun lalu yang membawa kemiripan ide kuliner satu sama lain.

1. Coconut Red Curry with Tofu

Sebagaimana anda lihat pada gambar di atas, saya membuat tahu kuah kari bersantan. Kata “kari” tidak hanya merujuk pada masakan nusantara atau masakan India, tetapi juga negeri gajah putih seperti Thailand pun memiliki banyak masakan menggunakan kari. Salah satunya kari kuah santan dengan isian tahu dan sayuran. Ternyata enak!

Tahu kuah kari bersantan ini jika menelisik dari pembuatannya mirip seperti saya memasak lodeh pakai tahu. Itu sih pemikiran saya dimana ada tahu, sayur dan santan dengan rasa pedas bercampur menjadi satu. Warna kuahnya kuning kemerah-merahan berasal dari bumbu kari yang pedas.

Cara membuatnya pun mudah. Anda bisa haluskan bawang merah, bawang putih, sedikit cabai, garam, gula dan kunyit. Setelah dihaluskan, tumis bumbu tersebut dengan daun salam dan sereh kemudian tambahkan santan. Anda bisa goreng tahu terlebih dulu atau gunakan tahu pong pun bisa. Siap dimasak bersamaan sayuran yang anda kehendaki.

2. Crispy Baked Teriyaki Tofu

Tumis tahu teriyaki.

Masakan kedua adalah tumis tahu teriyaki yang juga kadang saya jumpai di restoran selera asia di Jerman. Jika saya menelisik rasa dan pembuatannya, ini bisa jadi serupa dengan tumis tahu dan sayur pakai kecap. Karena rasa saus teriyaki yang agak manis mengingatkan saya pada kecap manis, padahal ini adalah saus teriyaki. Saus teriyaki adalah campuran dari soja sauce, sake/mirin, gula palem dan jahe.

Pembuatan tahu saus teriyaki pun mudah bila kita punya saus teriyaki yang memang tersedia di supermarket di sini. Jika tidak, saya beritahu campurannya. Siapkan wadah, masukkan 2 sendok makan soja sauce, 1 sendok makan minyak wijen, 1 sendok makan mirin, 1 sendok makan air dan jahe ditumbuk dan gula palem. Dengan begitu, anda sudah membuat saus teriyaki yang lezat.

Agar tahu terasa crispy, maka saya campurkan potongan tahu dengan tepung maizena. Kemudian tahu tersebut digoreng hingga setengah matang. Tumis bawang putih, bawang bombay dan sayuran sebelum dicampurkan dengan potongan tahu. Anda bisa gunakan langsung saus teriyaki atau campuran saus yang saya jelaskan di atas. Anda bisa juga tambahkan kecap manis untuk rasa yang lezat.

3. Tahu Udang (蝦仁豆腐)

Sup Tahu Udang.

Anda pasti masih ingat cerita tentang perayaan Tahun Baru Imlek dan dumpling yang dinikmati saat pergantian tahun di Tiongkok? Cerita tersebut dari kenalan mahasiswa asal Tiongkok yang studi di sini. Kali ini saya memasak resep Tahu yang sepertinya tampak seperti Sapo Tahu yang pernah saya cicipi di restoran di Jakarta. Resep “Sup Tahu Udang” ini pun dikreasikan pakai udang dan sayuran.

Seharusnya resepnya menggunakan jamur shitake, namun kami berdua tidak suka jadi kami melewatkannya di sini. Anggaplah ini seperti sapo tahu, pendapat saya pada teman saya itu. Ternyata resep ini banyak dijual di Hong Kong. Saya jadi ingat bagaimana jajanan tahu pun amat digemari di sana.

Bahan yang digunakan antara lain tahu, wortel, daun bawang, jamu shitake jika suka, udang, air, minyak sayur, garam, merica, oyster sauce, soja sauce, kecap ikan, sedikit kecap manis dan minyak wijen. Pertama tahu memang digoreng terlebih dulu. Lalu setelah bahan ditumis berikut saus yang disertakan, beri air kaldu dan satu sendok tepung maizena untuk mengentalkannya.

5. Tofu pancake with vegetables – Dubu Jeon

Dubu Jeon.

Resep terakhir berasal dari kenalan teman mahasiswa Korea Selatan yang ambil studi Bachelor. Saya mengenalnya dari teman asal Indonesia juga yang sedang ambil studi Bachelor. Kami bertiga bertemu untuk memasak makanan korea bersama-sama. Salah satunya yang kami masak adalah pancake tahu isi sayuran. Sebetulnya di Indonesia, saya mengenalnya sebagai perkedel tahu karena pembuatan dan isiannya agak mirip.

Pembuatan pancake tahu ini pun mudah. Setelah tahu dihaluskan dengan food processor, siapkan bahan-bahan lain seperti sayuran, tepung terigu, telur, kaldu ayam. Lalu bahan dicampur menjadi satu dan diolah menjadi adonan seperti pancake. Itu sebab dinamakan pancake tahu atau dalam bahasa korea disebut Dubu Jeon. Adonan seukuran sendok makan digoreng dalam wajan panas dengan sedikit minyak sayur.

Kira-kira anda tertarik mencoba resep yang mana?

3 Comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.