Linderhof Palace (4): Taman dan Sekitarnya yang Menawan Panoramanya di Dekat Royal Villa

Indahnya Royal Villa dengan taman di sekitar.
Taman depan.
Patung emas di kolam.
Dikelilingi bunga cantik.

Jejak langkah kami semakin dekat ke istana Linderhof. Kami melihat sekelompok keluarga, sepasang suami-isteri dan turis asing yang sedang menunggu antrian untuk diperkenankan masuk oleh petugas di depan pintu. Saat saya datang pertama kali di musim winter tahun 2013 saja, pengunjung yang masuk ke istana dibatasi jumlahnya. Anggota bis dari kelompok kami pun terbagi dua karena jumlahnya dibatasi untuk menjelajah dalam istana.

Tentu suasana pandemi yang masih berlangsung membuat kelompok wisatawan yang masuk istana pun tetap terbatas. Ditambah setiap pengunjung wajib mengenakan masker. Pengunjung pun harus tetap menjaga jarak aman selama dalam antrian masuk. Petugas pintu masuk akan memandu turis yang masuk berdasarkan bahasa yang dipergunakan selama tur di dalam istana. Misalnya kelompok pengunjung berbahasa Jerman dan kelompok turis berbahasa Inggris.

Peraturan lainnya adalah larangan mendokumentasikan baik berupa foto dan video. Larangan ini pun masih berlaku bagi pengunjung. Ini sama seperti anda berkunjung ke kastil Neuschsweinsten juga.

Linderhof Schloss itu bukan seperti layaknya istana pada umumnya yang megah, luas dan besar. Ini hanya royal villa, tempat peristirahatan Raja. Istilahnya di sini raja melakukan retret, mengundurkan diri dari hiruk pikuk kesibukan. Linderhof Schloss tidak besar.

Taman samping.
Taman belakang lainnya.
Taman atas.

Justru kedatangan saya kedua kalinya lebih memusatkan pada area sekitar royal villa, yang dulu tidak saya dokumentasikan. Alasannya, pemandangan di luar istana tertutup salju dan tampak tak menarik. Kebalikannya, kini saya bisa melihat semua itu begitu indah dan menawan. Seperti yang saya sertakan dalam dokumentasi kali ini, anda bisa melihat bagaimana indahnya taman di kaki pegunungan Alpen ini.

Beberapa figur yang menghiasi air mancur tampak kemilau emas. Aneka bunga warna-warni yang indah pun menghiasi taman di sekitar istana. Sayangnya taman belakang yang berisi air mancur pun harus mengalami renovasi dan tertutup untuk sementara dikunjungi.

Konon di salah satu balkon ruangan di Royal Villa ini, Raja Ludwig II dari Bavaria tampak mengagumi keindahan panorama sekitarnya. Taman gantung, taman air mancur dan taman berhias patung seni begitu menghiasi royal villa yang begitu indah dirancang oleh Sang Raja. Jelas beliau memiliki jiwa seni yang tinggi, karena banyak meninggalkan jejak seni yang masih dikenang hingga sekarang.

Kunjungan kami di Linderhof Schloss cukup sampai di sini. Bagi pengunjung yang ingin pergi ke toilet, terdapat di tiga tempat. Pertama ada di dekat istana, kedua di dekat penjualan tiket masuk istana dan di dekat ketiga di parkir mobil. Toilet bersih dan nyaman serta tak dikenakan biaya penggunaannya. Selain itu, tampak pula restoran dan kafe yang menjamu pengunjung. Tak lupa tersedia toko sovenir yang bisa mengenang kunjungan anda.

Selanjutnya masih ada satu cerita lagi tentang Linderhof Schloss yang juga wajib ditunggu.

4 Comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.