Kanelbullar, Swedish Cinnamon Buns, Semacam Kue Rasa Kayu Manis dari Swedia

Kue cinnamon rolls bentuk lainnya, yang tampak dijual di supermarket.
Kanelbullar, semacam cinnamon rolls.

Beberapa waktu lalu, kami berkunjung ke salah satu kota besar di bagian selatan Swedia. Tentang kota ini, saya jelaskan di artikel selanjutnya. Tentu pengalaman traveling semakin menarik bila dilengkapi dengan cerita kuliner yang kami cicipi selama di sana. Seperti biasa, kami memilih paket hotel halbpension dalam bahasa Jerman. Artinya, kami mendapatkan makan pagi, kaffeetrinken jam 15.00 sore hari dan makan malam yang semuanya disediakan hotel, tempat kami menginap.

Ada kue menarik yang saya pikir kue ini kerap tersedia di supermarket dan toko roti. Kebetulan kue ini pun disajikan kepada kami di hari pertama kedatangan kami di situ. Staf hotel mempersilahkan kami menikmati kaffeetrinken setelah check in sore itu. Itu adalah kesempatan pertama saya mencoba kue kanelbullar. Dalam istilah internasional, kue ini disebut cinnamon rolls atau cinnamon buns.

Jika merujuk dari namanya, kue ini agak mirip seperti kue khas Jerman yang pernah saya buat. Namanya zimschnecken, kue rasa kayu manis juga tetapi dibentuk yang berbeda. Resep kue tersebut bisa anda sontek di link yang ditautkan karena saya telah berhasil membuatnya.

Kue kanelbullar adalah kue populer di Swedia yang kerap disajikan saat anda bertamu ke rumah-rumah orang Swedia. Semacam roti dari ragi tetapi rasanya manis, begitu kira-kira saya mendeskripsikan rasanya. Ada yang menyebut bahwa kue ini juga disajikan di gerai IKEA sehingga mungkin kue ini pun populer dan mendunia.

Buktinya ada juga kemiripan kue ini dengan kue cinnamon rolls di negeri paman sam. Bedanya cinnamon rolls di Amerika bagian utara kerap disajikan sebagai sarapan pagi atau sekedar dessert saja. Sedangkan cinnamon buns dari Swedia ini memang cocok sebagai teman minum kopi. Saya menemukan bentuk dua model kanelbullar yang sedikit berbeda, tetapi rasanya tetap sama. Anda bisa membuat kanelbullar seperti kue khas Jerman berbentuk bunga, yang pernah saya bagikan pada anda.

Begitu berartinya kue kanelbullar di Swedia sehingga ada perayaan Kanelbullens Dag (Cinnamon Bun Day) yang dirayakan tiap tanggal 4 Oktober. Kemudian banyak gerai supermarket dan toko kue menyajikan kue ini pada waktu perayaan tersebut. Saat saya mencicipi kue kanelbullar, saya katakan pada anda bahwa saya ingin makan lebih dan lebih lagi. Kuliner di Swedia itu memang Swedelicious, lezat!

12 Comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.