Smooth Aster atau Aster Laevis, Sejenis Aster yang Mekar Kala Suhu Udara Dingin

Warnanya ungu seperti lavender.
Taman belakang dipenuhi aster jenis ini.

Musim gugur sudah mulai dan suhu udara pun sudah dingin sekitar 10 derajat celcius. Tanda musim dingin tampak dari peliharaan tanaman yang begitu indah bersemi dan sedap dipandang mata di musim lalu, kini semua itu perlahan mulai sirna. Bunga-bunga itu sudah mulai layu dan menghitam karena sudah berganti musim. Tak ada matahari, suhu dingin sudah mulai menyengat, sehingga cuaca tidak mungkin membuat bunga-bunga yang dulu asri itu tetap bersemi. Benar adanya, segala sesuatu ada waktunya.

Berganti musim menjadi lebih dingin ternyata muncul juga bunga baru, yang bernama smooth aster. Warnanya seperti yang anda lihat, warna ungu nan cantik seperti bunga lavender. Bunga aster ini memenuhi taman belakang di antara bunga-bunga lain yang sudah mulai memudar masanya. Bisa dikatakan bunga aster ini berkembang di saat musim panas telah berakhir.

Bunga smooth aster juga disebut aster laevis yang bisa tumbuh mekar kala udara dingin mulai menusuk kulit. Bunga ini tergolong dalam famili aster dengan tinggi tegak sekitar dua puluh sampai tujuh puluh sentimeter. Warna ungunya memang memikat dengan bagian tengah yang agak memerah. Daunnya agak kasar bila dipegang.

Keunikan bunga smooth aster ini adalah warnanya yang indah seperti lavender. Bagi purple lovers, bunga ini tentu sangat dipuja. Begitu pun dengan kupu-kupu yang mencari nektar dari bagian tengah bunga aster ini.

Bunga smooth aster di taman belakang.

Keunikan kedua adalah bunga smooth aster tahan pada suhu dingin dan minim matahari. Setiap musim punya kesusahannya tersendiri. Setiap musim pun sama baiknya. Toh, di musim yang dingin seperti sekarang masih ada saja bunga cantik yang tetap sedap dipandang mata. Padahal suhunya aduhai sudah dibawah 10 derajat di siang hari. Namun bunga smooth aster di taman belakang tetap indah dari bulan lalu, Oktober hingga (mungkin) November.

Selain warna ungu, ada juga warna lain pada bunga smooth aster. Ada yang berwarna putih dan bunga berwarna merah muda (pink). Nama ilmiahnya “Symphyotrichum laeve” yang masuk dalam klasifikasi aster amerika karena berasal dari belahan utara Amerika. Di Jerman, bunga smooth aster dikenal dengan nama “die Glatte Aster”. Saya pun bahagia melihat bunga smooth aster itu tumbuh indah di taman belakang. Bahagia itu melihat apa yang kita miliki, bukan kepunyaan orang lain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.