Makanan Khas Asia (67): Cah Daging Ayam Saus Hoisin

Cah daging ayam saus hoisin.

Kuliner berikut berasal dari asia, tepatnya negeri Tiongkok yang banyak memiliki varian saus seperti makanan yang saya perkenalkan. Bumbu yang dipergunakan dari negeri tirai bambu ini sebetulnya tidak sekaya seperti masakan nusantara, hanya bawang saja. Tetapi saus yang melengkapi masakan tersebut membuat rasa semakin lengkap dan lezat. Salah satunya saus hoisin yang sudah beberapa kali saya bahas, misalnya cah cumi saus hoisin.

Saus hoisin itu berwarna pekat dan kental, tetapi bukan seperti kecap manis. Bahan dasarnya agak mirip karena pakai kedelai juga, hanya saja pada saus hoisin ditambah lagi adas, cabai dan bawang putih. Itu sebab masakan cah saus hoisin tak perlu lagi bawang putih, tambahkan saja bawang bombay agar lebih sedap lagi. Saus hoisin tidak begitu manis ketimbang kecap manis, sehingga itu pula yang membedakannya.

Masakan berikut yang saya pesan adalah cah daging ayam saus hoisin. Itu berarti ada tumisan sayur yang dilengkapi daging ayam fillet yang dimasak bersamaan hingga setengah matang. Tak lupa ada bawang bombay juga untuk menguatkan rasanya. Sentuhan terakhir pada masakan ini adalah saus hoisin. Lalu diamkan selama beberapa menit hingga semuanya benar-benar masak dan terasa lezat.

Saya sendiri menyimpan saus hoisin dan kerap menggunakannya beberapa kali di rumah. Tak perlu banyak bumbu, masukkan sayur dan tahu saja lalu ditumis dengan saus hoisin sudah memberi kenikmatan tersendiri. Ini bisa jadi resep bagi mereka vegan dan vegetarian. Celupkan saus hoisin pada sayuran dan tahu/tempe yang diinginkan maka anda akan mendapatkan rasa lezat yang berbeda.

Jika anda menyukai masakan dengan menggunakan saus hoisin, tetapi tidak memilikinya maka anda bisa menggantikannya dengan teriyaki saus. Perbedaanya, saus hoisin berasal dari fermentasi kacang kedelai sedangkan saus teriyaki menggunakan kacang kedelai yang tidak difermentasikan terlebih dulu. Saus hoisin diperkenalkan menjadi gaya makanan di negeri tirai bambu sedangkan saus teriyaki dipergunakan banyak dalam masakan negeri matahari terbit.

Berdasarkan pengalaman membeli dan memasak beberapa kali dengan saus hoisin di rumah maka saya sarankan untuk menggunakannya secara proporsional. Jika masakan terlalu berlebihan dalam mencampurkan saus hoisin, rasa masakan menjadi dramatis “aneh” rasa sodium. Setelah saus hoisin digunakan, tutup rapat botol kemasannya dan selalu gunakan sendok baru bila mengambilnya. Hal ini menjamin saus hoisin bisa digunakan lagi dan tidak kehilangan rasa.

Saus hoisin dikatakan lezat untuk tumis daging dan ayam, tetapi saya sudah mencoba dengan tahu dan hasilnya luar biasa enak. Semoga ini bisa menjadi rekomendasi anda mencoba masakan selera asia lainnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.