Hamburg (2): 7 Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan

Menikmati makan di atas kapal Cap San Diego bisa jadi pilihan selama di Hamburg

Setelah artikel pertama membahas alasan mengapa perlu berkunjung ke Hamburg, maka kini artikel lanjutannya. Pada artikel ini diceritakan, apa saja aktivitas seru yang bisa dilakukan selama di Hamburg. Ini bisa menjadi rekomendasi dan pertimbangan anda bila anda ingin datang ke Hamburg. Bisa jadi anda tertarik juga ke Hamburg karena ada sesuatu yang menarik untuk anda coba.

Sebagai wisatawan, anda dimanjakan untuk menikmati pelesiran di kota cantik seperti di Hamburg ini. Kota pelabuhan merangkap kota metropolitan membuat kota ini menjadi kota kedua terbesar di Jerman, sebelum Munich di peringkat ketiga. Kota Hamburg memiliki pesona kota tua dan kota moderen yang tumbuh bersamaan untuk siap dijelajahi. So, berikut adalah tujuh aktivitas yang bisa anda coba selama di Hamburg.

Apa itu?

1. Tur keliling kota pakai bis

Keliling kota pakai bis tingkat.

Saya sudah lupa bagaimana rasanya naik bis tingkat saat masih di Jakarta dahulu tahun 1980-an. Kini pilihan naik bis tingkat sembari menjelajah kota Hamburg bisa menjadi pilihan anda yang tak mau repot berkeliling sendirian tanpa tujuan. Sightseeing city tour ditawarkan kepada turis yang datang dengan berbagai pilihan. Seperti bis yang anda lihat, titik keberangkatan ada di Hafenterasse dengan biaya 22€ per orang.

Tak mau ikut paket tur, anda bisa memilih berkeliling dengan Hamburg CARD yang bisa terhubung dengan berbagai kendaraan umum. Saran saya, jika anda ingin mendapatkan harga yang terjangkau diharapkan membeli setelah jam 9 pagi. Tiket bisa dibeli di mesin HVV di beberapa titik area publik. Sementara kami mengendarai kendaraan pribadi perlu merogoh kocek dalam untuk parkir di titik-titik area wisata.

2. Sewa skuter

Tampak skuter disewakan di Hamburg.

Pilihan jelajah Hamburg adalah menyewa sepeda dan skuter. Meski memerlukan aktivitas olahraga, namun bersepeda dan mengendarai skuter memiliki kebebasan tiada tara untuk jelajah tempat. Anda tak perlu berlelah-lelah berjalan kaki atau mengeluarkan ongkos lebih naik kendaraan umum. Plus tubuh bisa lebih sehat karena sekalian berolahraga. Untuk sewa skuter misalnya, anda bisa datang ke Hafenterasse dimana terdapat spot sewa skuter bagi wisatawan di Hamburg.

Oh ya skuter sekarang terhubung secara elektronik untuk mengendarainya. Anda dijamin aman dan puas untik mencobanya. Saya belum mencobanya tetapi beberapa kenalan mahasiswa di sini bercerita bagaimana serumya berpetualang pakai skuter selama di Hamburg. Selain skuter, sepeda di Hamburg bisa menjadi pilihan anda yang suka akan mobilitias tinggi di tempat baru.

3. Coba kapal wisata keliling

Salah satu kapal wisata yang sedang beroperasi, melintasi pasar ikan.

Pilihan seru lainnya saat datang ke Hamburg adalah menikmati kapal wisata yang mengitari sekitar pelabuhan. Sejak dibuka sebagai kota pelabuhan beratus-ratus tahun lalu, Hamburg menjadi magnet bagi wisatawan yang datang dari Jerman atau berbagai belahan dunia lainnya. Transportasi laut menjadi moda kendaraan yang bisa dibanggakan di Hamburg. Tanpa perlu ikut kapal pesiar dan pergi ke beberapa belahan dunia lainnya, anda bisa ikut tur kapal kecil mendengarkan sejarah dari masa ke masa sembari menjelajah fischmarkt yang tak pernah sepi di Hamburg.

4. Menikmati makan fischbrötchen di pasar ikan

Fischbrötchen.

Pilihan aktivitas yang tak kalah serunya di Hamburg adalah datang ke Fischmarkt atau pasar ikan kemudian mencoba fischbrötchen. Apa itu fischbrötchen? Silahkan temukan pengalaman saya mencicipinya di pasar ikan, dengan mengklik link yang ditautkan. Di sini anda menikmati makan ikan dengan roti atau kentang. Jika datang di waktu yang tepat, anda bisa melihat keriuhan transaksi pasar ikan sambil menikmati live music. Semakin malam fischmarkt menawarkan keseruan pengalaman yang berbeda, dibandingkan kota-kota lainnya di Jerman.

5. Menonton drama musikal atau pertunjukan teater

Gedung Elbphilharmonie dengan pemandangan teras depan menghadap ke laut.

Para pecinta seni dan hiburan akan selalu terpuaskan menikmati sensasi pertunjukkan teater, kabaret, drama musikal hingga musik yang dibawakan artis ternama. Hamburg menawarkan dunia hiburan yang tak pernah berakhir bagi warga dan wisatawan yang datang. Mulai dari pertunjukkan seni khusus untuk anak-anak hingga pertunjukkan khusus hiburan untuk orang dewasa pun tersedia di sini.

Bagi pecinta seni lainnya, anda juga bisa bertandang ke Elbphilharmonie, gedung konser yang bergaya desain unik. Tiap bulan selalu ada agenda terbaru yang bisa disaksikan di gedung konser ini, mulai pertunjukkan musik, seni tradisional hingga workshop seni tersedia di sini. Sementara saya dan suami memilih menikmati “süsigkeit” manisan di bawah gedung, yang dijual di depan situ. Depan gedung terdapat area publik dimana kita bisa rileks dan menikmati pemandangan kanal dan laut yang menarik.

6. Duduk di Hafenterasse

Hafenterasse yang tak sepi dari pengunjung.

Pilihan aktivitas lainnya yang tak perlu berbayar adalah menikmati keramaian di Hafenterasse. Ini semacam teras ruang publik yang tak sepi dari wisatawan dan warga Hamburg. Di sini anda melihat keriuhan suasana pelabuhan dari berbagai kapal besar dan kapal kecil yang singgah di Hamburg. Selebihnya jika anda punya uang lebih, anda bisa duduk di teras kafe sambil menikmati secangkir kopi. Anda bisa berkunjung ke museum kapal di seberang Hafenterasse. Oh ya, anda juga bisa membeli cinderamata dari Hamburg di dekat situ. Hafenterasse menawarkan spot yang menarik untuk berfoto di Hamburg.

7. Bertandang ke Speicherstadt

Salah satu pemandangan di Speicherstadt.

Hamburg menawarkan pemandangan menarik lebih dari sekedar kota pelabuhan yang tua. Ada sisi moderen yang tampak dari desain bangunan seragam berwarna cokelat bata. Di antara kanal-kanal terselip jembatan dan kapal berlabuh. Penampakan ini hanya bisa didapat di area yang disebut Speicherstadt. Anda bisa menemukan area publik yang gratis untuk jogging, bersepeda atau sekedar jalan kaki. Ini seperti rekreasi tak berbayar yang bisa dijangkau turis untuk menjejaki Hamburg dari sisi yang berbeda.

Kesimpulan

Bagaimana pun Hamburg menawarkan pesona tersendiri sebagai kota pelabuhan sekaligus kota metropolitan. Kota Hamburg menawarkan aneka hiburan yang tak berhenti bagi wisatawan. Benar pendapat kenalan saya yang menganjurkan saya berkunjung ke Hamburg. Kota ini begitu cantik dan mungkin kami kembali ke sini lagi suatu saat nanti.

2 Comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.