Makanan Khas Jerman (77): Fischtäbchen, Semacam Fish Finger yang Dinikmati Bersama Kentang Goreng

Fischtäbchen yang dipesan di restoran.

Makanan negeri Jerman yang saya tempati sekarang, berasal dari ikan yang berbalut tepung. Ikan memang menjadi menu yang pada dahulu kala di wilayah tempat tinggal saya wajib disantap tiap hari Jumat. Itu sebab ada julukan “das Fisch-Freitag-Ritual” di sini sehingga toko khusus jual ikan itu buka hanya hari Jumat saja.

Lalu sebagian restoran yang masih menerapkan tradisi ini pun menyediakan menu ikan khusus di hari Jumat bagi para pelanggannya. Jelaslah jika makanan yang saya pesan di restoran berikut memang terjadi di beberapa Jumat pekan lalu.

Menu makanan Fischtäbchen ini sebenarnya bukan merupakan makanan otentik Jerman. Fischtäbchen dikenal juga fish finger ini berasal dari tradisi makan ikan dari negeri paman sam. Ikan seukuran jari ini memang terdiri atas potongan daging ikan yang berbalut tepung panir kemudian digoreng. Ikan yang dipilih adalah ikan seelachs yang sudah dalam bentuk fillet sehingga tak ada duri sama sekali.

Kegemaran makan ikan menjadi rutin dilakukan apalagi jaman dulu Jerman sendiri banyak memberlakukan hari Jumat sebagai hari makan ikan. Kebutuhan ikan pun semakin tinggi dengan variasinya sehingga orang bisa menikmatinya dengan mudah melalui stok di supermarket.

Ikan fish finger ini tak perlu dimasak sesulit saya membuat schnitzel. Pembuatannya pun mirip. Perbedaannya schnitzel menggunakan daging fillet sementara fish finger menggunakan daging fillet ikan. Meski fish finger, fischtäbchen bentuknya juga bermacam-macam seperti yang saya coba di rumah.

Fischtäbchen buatan sendiri.

Daripada repot membuat ikan fischtäbchen sendiri di rumah, lebih baik membeli yang sudah matang di supermarket. Harganya pun masih terjangkau ketimbang repot menyiapkannya di dapur sendiri. Ikan berbalut tepung panir ini bisa langsung dipanaskan di wajan atau oven sebelum dinikmati.

Orang Jerman biasa menikmati ikan seukuran jari ini dengan kentang goreng. Fischtäbchen tersedia dalam restoran cepat saji berikut kentang goreng dengan ukuran mini dengan harga terjangkau. Ada yang menambahkan lagi saus mayonnaise yang agak asam manis untuk mencelupkan bagian ikan sebelum disantap.

Saya telah mencoba beberapa kali menikmati fischtäbchen di rumah dan restoran. Rasa ikan ini tidak amis, tak ada duri, empuk dan gurih. Saya percaya ikan ini kaya nutrisi dan tak terlalu berminyak jika kita bisa mengolahnya dengan baik.

Apakah anda tertarik mencobanya?

5 Comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.