Makanan Khas Asia (69): Gyoza atau Jiaozi, Pangsit Isi Sayuran dari Negeri Tirai Bambu

Gyoza goreng isi sayuran plus soja sauce.

Sebelum membahas gyoza atau jiaozi, saya bahas dulu bagaimana saya bisa membuat dan mengenal pangsit dari negeri tirai bambu ini. Seorang kenalan asal Tiongkok yang saya kenal di Jerman memperkenalkan cara membuat dumpling ini dan mengapa makanan ini kerap disajikan saat imlek tiba. Karena imlek tiba dan kenalan saya hanya sendirian merayakannya, maka saya pun menemaninya, termasuk membuat jiaozi ini.

Cerita saya tersebut tentang imlek, perayaan Tahun Baru China bisa dicek di artikel ini.

Pengalaman membuat gyoza mendorong saya untuk praktik sendiri di rumah. Sebenarnya kulit gyoza bisa dibuat sendiri seperti yang diajarkan kenalan dari negeri tirai bambu tersebut. Hanya saja, saya lebih memilih membeli kulit gyoza yang sudah terjual di supermarket di sini. Praktis, itu pemikiran saya.

Saya lebih suka isian gyoza itu adalah sayuran dan telur dadar yang dikoyakkan. Sayuran saya pilih timun dan wortel yang benar-benar dicincang halus. Sedangkan telur dadar yang dikoyakkan dicampur cincang timun dan wortel sebagai isian gyoza. Meski begitu gyoza juga bisa berisi daging sesuai selera si pembuat. Lainnya, ada juga yang mengisi gyoza dengan udang yang sudah setengah masak.

Hasil akhir gyoza bisa direbus seperti yang saya lakukan bersama kenalan saya tersebut di artikel yang ditautkan. Gyoza yang seperti ini tampak seperti sup yang hangat dan cocok disajikan di musim dingin. Maklum pergantian tahun baru imlek biasa terjadi di musim dingin.

Lainnya gyoza bisa juga dikukus seperti somay. Dan terakhir, gyoza bisa seperti yang saya lakukan baru-baru ini, hanya digoreng sebentar di wajan anti lengket. Saya hanya beri sedikit minyak goreng dan membiarkannya hingga berwarna kecokelatan.

Untuk menikmatinya, saran kenalan saya adalah mencelupkannya sedikit dengan soja sauce. Ada juga yang menambahkan variasi saus seperti bawang putih halus, minyak wijen dan jahe halus. Jika ingin sedikit pedas, ada yang menambahkan cabai kering dalam saus.

Nah, apakah anda sudah pernah coba makan gyoza?

6 Comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.