Risgrynsgröt, Swedish Rice Porridge yakni Bubur Sarapan di Swedia

Bubur sarapan pagi yang disajikan di hotel, tempat kami menginap.

Bubur nasi sebagai sarapan pagi, ternyata tak hanya di Indonesia saja. Saya menjadi tahu dalam kunjungan traveling bahwa ada juga kebiasaan menyediakan bubur nasi sebagai sarapan di Tiongkok misalnya.

Saat itu, hotel tempat kami menginap menyajikan pilihan bubur nasi yang mirip seperti di Indonesia sebagai pilihan sarapan. Bubur nasi di Tiongkok pun rasanya mirip dengan bubur nasi yang saya nikmati di restoran Vietnam, yang bisa dicek di sini.

Kemudian saya mendapati bubur nasi dengan sajian yang berbeda yang disebut rice pudding dalam traveling di Mesir. Rice pudding memiliki rasa dan tekstur yang mirip dengan bubur nasi. Bedanya bubur nasi yakni beras dengan air, sedangkan rice pudding yang saya dapatkan di Mesir itu beras dengan santan kelapa.

Rice pudding yang lain juga ditemukan sebagai sarapan pagi saat saya traveling ke Eropa belahan timur. Di sana rice pudding disajikan dengan cara berbeda, yakni beras dan susu. Rupanya ada beras khusus yang juga dijual khusus di Jerman, namanya milchreis. Saya sendiri pernah mencoba membuat rice pudding dan disebut milchreis dalam bahasa Jerman, yang bisa dicek di sini.

Saat kami menginap di Swedia, kami pun mendapat suguhan rice pudding sebagai sarapan pagi. Rice pudding dalam bahasa Swedia dikenal dengan “Risgrynsgröt” yang berarti bubur nasi.

Orang Swedia lebih suka menyebutnya sebagai istilah bubur nasi ketimbang pudding nasi karena bubur nasi lebih cocok disajikan sebagai sarapan pagi. Sedangkan kata pudding mengacu pada makanan sebagai hidangan dessert.

Risgrynsgröt terasa manis sama seperti rice pudding lainnya. Sementara bubur nasi yang kita konsumsi seperti juga di Tiongkok berasa gurih. Bubur nasi khas Swedia seperti rice pudding umumnya memakai kayu manis. Ada juga yang menyelipkan almond dalam campuran bubur.

Hal menarik dari Risgrynsgröt adalah tradisi menikmatinya bersama keluarga saat Natal tiba. Meski hidangan makan bubur nasi bisa dilakukan kapan saja, tetapi hidangan Risgrynsgröt di hari istimewa seperti Natal memberi kesan tersendiri.

Konon kita perlu meletakkan semangkuk Risgrynsgröt di depan pintu rumah setelah Malam Natal agar peri tidak membuat kegaduhan saat Natal. Itu hanya sekedar mitos saja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.