Kue Khas Jerman (29): Johannisbeertorte, Kue Tart dari Red Berries yang Kecil tetapi Besar Manfaatnya

Kue tart dari Red Berries yang tampak di dekorasi atas kue.

Kue yang satu ini bukanlah buatan saya, melainkan salah satu toko kue di sini. Karena kami di sini sedang mengalami pembatasan, toko dan restoran selama satu bulan November ini tidak diperbolehkan menjajakan makanan di tempat. Jika ada toko kue/roti yang buka maka pelanggan harus membawa pulang pesanan mereka. Saya pun membeli kue tersebut dan menikmatinya di rumah.

Kue yang saya beli adalah kue Johannisbeertorte namanya. Kue tart ini berasal dari racikan utama rasanya adalah buah johannisbeere. Buah Johannisbeere disebut currant dalam bahasa Inggris atau red berries. Anda bisa melihat red berries tampak sebagai dekorasi kue bagian atas. Buahnya berwarna merah dan kecil.

Saya sendiri lebih suka menyebutnya red berries karena ada ratusan jenis lainnya di dunia. Saya mengenal di Jerman berri berwarna hitam dan ada pula yang disebut berri hutan (=wild berry). Red berries memang buah berri berwarna merah kecil dan rasanya luar biasa asam menurut saya. Bagi penyuka red berries, buah merah kecil ini terasa menyegarkan dan nikmat. Seperti suami saya yang memesankan kue ini untuk dinikmati di rumah.

Buah johannisbeere ini juga sering saya lihat di sini. Daerah Bavaria, Jerman memang mengenal baik buah johannisbeere di kebun mereka. Pohonnya seperti anggur, tumbuh merambat. Saat panen tiba, saya mencicipi satu buah kemudian saya benar-benar tak suka rasanya yang sungguh asam. Bagi orang-orang di sini, buah johannisberre bisa dinikmati langsung seperti makan buah biasa.

Buah red berries memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Mengkonsumsi red berries tiap hari dapat meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi risiko diabetes dan mencegah penyakit hati. Untuk mensiasati rasanya yang asam, ada yang menyelipkan buah ini dalam sajian kuliner seperti selai roti atau kue-kue. Bagaimana pun buah kecil ini punya segudang manfaat bagi kesehatan tubuh.

Lainnya, red berries bisa ditemukan menjadi sari minuman bervitamin yang dinikmati tiap hari. Untuk pengobatan misalnya, tersedia juga suplemen vitamin dari buah kecil ini. Sisanya adalah kue-kue yang dikemas di pasaran yang rendah gula dengan rasa red berries.

Ngomong-ngomong soal kue, akhirnya saya pun mencicipi kue johannisbeertorte yang pada akhirnya, rasa kue tersebut tidak terlampau asam seperti menikmati buahnya langsung.

Apakah anda tahu juga tentang kue red berries?

2 Comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.