Musim gugur sedang berlangsung di wilayah tempat tinggal saya sekarang. Suhu dingin di luar bisa mencapai kisaran di bawah 10 derajat celcius saat siang hari dan malam hari lebih dingin lagi terasa. Tentu suhu dingin membuat konsumsi makanan pun berubah. Misalnya saja, makan malam kini sering diisi dengan sup dan makanan berkuah untuk menghangatkan tubuh.

Sup yang didominasi dengan cairan dan makanan berserat sangat membantu tubuh lebih kenyang meski porsi sup yang saya tunjukkan pada anda hanya porsi kecil. Pada suhu dingin saya masih mengkhawatirkan “Winterkilo” sehingga sup menjadi alternatif konsumsi makanan. Rasa sup yang hangat juga baik menangkal kedinginan dan “masuk angin”.

Berikut ini ada 3 sup yang biasanya tersedia di restoran di sini. Sebenarnya masih ada banyak lagi sup yang bisa ditemukan, saat ini cukup 3 sup yang saya bagikan pada anda untuk menginspirasi anda. Bagaimana pun sup di bawah ini bisa anda praktikkan, karena saya sertakan juga resep memasaknya.

1. Pfannkuchensuppe

Bisa jadi sup pembuka.

Sup pertama yang saya bagikan ini sudah beberapa kali saya ceritakan di blog. Ini adalah sup dari pancake yang kemudian dibuat menjadi berkuah. Anda bisa berkreasi di dalam sup dengan sayuran seperti wortel, buncis dan potongan pancake. Sedangkan kuah kaldu, anda bisa sesuai selera anda seperti kaldu sayur kaldu rasa sapi atau kaldu rasa ayam.

Untuk resepnya, silakan anda cek di link di Resep Sup Pancake!

2. Gulaschsuppe

Pesanan saya.

Gulasch bukan berasal dari Jerman tetapi makanan ini begitu populer di sini. Isian daging sapi dengan rempah yang kaya membuat siapa saja suka, kecuali para vegan dan vegetarian. Saya sendiri lebih suka mencoba gulasch otentik di Budapest, Hungaria. Sementara di sini, gulasch bisa dinikmati dengan roti, nasi, kentang rebus atau mie.

Untuk resep, anda bisa lihat sontekannya di Resep Gulaschsuppe.

3. Leberknödelsuppe

Buatan sendiri di rumah.

Sup ketiga tampak seperti bakso, tetapi ini berbeda. Sup bola-bola ini lebih disebut Leberknödelsuppe. Saya sendiri pernah praktik membuatnya di rumah. Jika bakso terbuat dari daging sapi, sementara leberknödel terbuat dari hati sapi dengan roti. Kuah kaldu rasa sapi dan rasanya yang seperti bakso juga digemari di Jerman. Itu sebab menu ini kadang mudah ditemukan di restoran-restoran Bavaria.

Untuk resep, anda bisa temukan di resep buat leberknödelsuppe di rumah.

Kesimpulan

Kondisi saat ini memang tidak memungkinkan untuk menikmati masakan di restoran sementara waktu. Melalui artikel dan sontekan resep yang saya jelaskan di atas, siapa tahu anda tertarik membuatnya di rumah. Selamat mencoba!