Natural Dried Apricot: Mulai dari Pudding, Cemilan Hingga Bubur dari Buah Aprikot Kering yang Bisa Dipraktikkan di Rumah

Pudding aprikot.

Minggu lalu saya sudah menjelaskan kue dari aprikot yang menggoda. Salah satu kue tersebut adalah buatan saya sendiri di rumah. Bagaimana pun aktivitas mengisi waktu lowong karena situasi pandemi membuat saya banyak berkreasi makanan. Akhirnya kue Aprikosenkuchen mit Sahne jadi suguhan minum kopi sebagai sarapan pagi. Hasilnya pun enak. Buah aprikot yang saya pilih untuk kue tersebut dipilih dari buah aprikot kaleng yang dijual di supermarket.

Di artikel sebelumnya, saya sudah menjelaskan perbedaan buah aprikot dengan buah persik yang berbeda. Meski keduanya tampak mirip, menurut saya, pada akhirnya saya menjadi tahu perbedaannya.

Bagaimana pun buah aprikot sangat baik untuk nutrisi tubuh. Buah ini rendah kalori, kaya potassium dan tinggi kandungan oksidannya. Hal menariknya, buah aprikot yang musiman pun bisa dijumpai dalam bentuk kemasan kaleng dan buah aprikot kering. Nah, aprikot kering atau natural dried apricot ini berhasil menjadi menu kreasi saya di rumah.

1. Pudding aprikot

Kesempatan lain, pudding aprikot.

Kreasi pertama adalah pudding. Bahan yang diperlukan antara lain, bubuk pudding vanila, aprikot kering, 150 ml susu cair. Jika anda ingin sedikit manis, tambahkan gula pasir sedikit. Lalu potong-potong buah aprikot menjadi lebih kecil sebagai campuran pudding.

Masak semua bahan sambil terus diaduk dan terasa liat. Kemudian beri potongan buah aprikot lainnya sebagai dekorasi bagian topping. Saya tambahkan juga kacang almond sebagai dekorasi bagian atas.

2. Bubur Havermut dari Aprikot

Bubur havermut dengan isian dan dekorasi aprikot kering.

Untuk hidangan kedua, saya sebut sebagai bubur gandum plus aprikot. Bahan yang diperlukan adalah 9 sendok makan havermut, 150 ml susu cair, 200 ml air, 1 sendok makan gula palem dan beberapa potongan buah aprikot. Potong lebih kecil buah aprikot sebagai isian bubur.

Masukkan semua bahan dan masak hingga bercampur rata. Selama memasak bubur gandum, anda harus tetap mengaduknya agar tidak kering dan menjadi kerat pada bagian dasar panci. Sajikan dalam mangkuk setelah matang. Hiasi dengan buah aprikot atau sesuai selera anda.

3. Cemilan Aprikot

Cemilan aprikot, pakai cokelat yang dilumerkan dan kelapa kering.

Ide cemilan terakhir ini saya sajikan untuk menemani saya membaca di rumah. Ide ini bisa anda kreasikan sesuai selera anda juga. Saya hanya menggunakan cokelat milka yang masih tersisa di rumah, buah aprikot dan sedikit kelapa kering sebagai dekorasi.

Langkah pertama, lelehkan cokelat yang anda punya di rumah. Lalu celupkan buah aprikot kering dalam lelehan cokelat. Beri sedikit taburan kelapa kering sebagai dekorasi. Simpan dalam lemari es hingga beberapa jam untuk hasil optimal.

Kesimpulan

Ada banyak cara untuk anda berkreasi di rumah agar anda tidak merasa bosan berdiam di rumah. Sementara saya hanya punya ide dari buah aprikot kering, bisa jadi anda punya ide lain. Dengan membuat sajian sendiri di rumah, anda bisa memaksimalkan kebutuhan nutrisi untuk anggota keluarga anda. Misalnya, tidak menggunakan gula pasir atau gunakan susu rendah lemak dan lain-lain.

Selamat mencoba di rumah!

2 thoughts on “Natural Dried Apricot: Mulai dari Pudding, Cemilan Hingga Bubur dari Buah Aprikot Kering yang Bisa Dipraktikkan di Rumah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.