Tips Untuk Anda (29): 7 Hal yang Harus Dihindari Agar Tidur Nyenyak

Ilustrasi.

Tidur berkualitas adalah dambaan setiap orang. Jika kita mengalami gangguan tidur, bisa dipastikan anda pasti terganggu selama beraktivitas sepanjang hari. Kita juga sudah tahu bahwa gangguan tidur yang berkepanjangan dan kronis bisa mengancam dan memberi dampak penyakit serius. Saya sendiri pernah menuliskan dampak serius tentang gangguan tidur pada artikel yang ditautkan. Padahal salah satu penyebab yang saya tuliskan adalah pengaruh lampu tidur yang tak tepat. Itu sebab, banyak hal dilakukan agar kita bisa mendapatkan tidur berkualitas.

Tidur yang berkualitas, cukup dan nyenyak juga melindungi tubuh dari berbagai serangan penyakit. Itu artinya tidur yang baik bisa meningkatkan imunitas tubuh. Karena saat kita tidur, tubuh menghasilkan zat pelindung dan antibodi yang mampu menyerang penyakit. Jika kita kurang tidur maka itu berdampak pada kemampuan tubuh melindungi diri dari serangan penyakit. Baca juga, delapan hal yang menjadi gangguan tidur pada artikel sebelumnya yang saya tautkan.

Saya pernah menuliskan pengalaman gangguan tidur saat musim panas. Ceritanya bisa anda cek di link yang ditautkan. Tanpa memandang musim, apakah musim panas atau tidak? Saya bagikan tips yang harus anda hindari agar anda bisa tidur nyenyak. Ini berdasarkan buku yang baru saja saya baca.

1. Malas Bergerak dan tidak beraktivitas sepanjang hari

Jangan harap anda akan tidur nyenyak jika anda tidak melakukan apa pun sepanjang hari! Kecuali anda sakit, maka anda punya banyak energi yang harus tersalurkan dengan baik. Tak ada kegiatan di luar rumah, mengapa tidak melatih diri dengan melakukan hobby baru, kursus online bahasa asing, memasak makanan, berkebun, berolahraga hingga membersihkan rumah. Bergeraklah dan temukan aktivitas yang membuat anda tidak sekedar berdiam diri di satu tempat saja.

2. Suka begadang dan tidur tidak teratur

Salah satu alasan anda tidak bisa tidur nyenyak adalah kebiasaan tidur larut malam dan pola tidur yang tak teratur. Jika anda ingin mendapatkan tidur yang baik, maka buatlah tubuh memprogram saat anda tidur dan bangun. Itu sebab jika kita berada di perbedaan zona waktu, maka kita mengalami masalah dengan tidur.

3. Makan porsi besar sebelum tidur

Jika anda makan dalam porsi yang besar dan banyak mengkonsumsi kalori, berilah jarak dua sampai tiga jam sebelum waktu tidur. Dengan begitu, tubuh anda punya waktu untuk memproses dan membakar kalori. Jika anda mengalami kesulitan tidur, perhatikan juga makanan yang anda konsumsi. Anda bisa mengkonsumsi susu, pisang, telur dan kacang-kacangan yang baik sebelum tidur. Bagi pecinta teh, anda bisa minum chamomile tea yang membuat anda bisa mengantuk lebih cepat.

4. Minum kafein sore hari

Berbicara soal minuman sebelum tidur, ternyata minuman yang mengandung kafein sebaiknya tidak diminum pada sore hari jika anda ingin tidur nyenyak. Kafein bisa membuat anda terjaga selama 5 sampai 6 jam. Itu sebab, jika anda tahu bahwa waktu tidur anda adalah jam 21.00 malam, maka perkirakan kapan sebaiknya anda tidak lagi mengkonsumsi kafein.

5. Banyak minum alkohol dan merokok

Ada banyak kebiasaan buruk lainnya yang patut diwaspadai apabila anda tak bisa tidur. Salah satunya adalah merokok dan minum alkohol di malam hari. Seiring bertambahnya usia dan risiko berbagai penyakit, anda harus pertimbangkan lagi kebiasaan ini. Studi sudah menunjukkan bahwa merokok dan minum alkohol empat jam sebelum tidur dijamin anda memiliki kualitas tidur yang buruk. Nikotin yang dihisap dari rokok merespons alkohol yang dikonsumsi bersamaan sehingga memperburuk siklus tidur. Bahkan nikotin dilarang bagi anda yang mengalami masalah tidur seperti insomnia.

6. Meremehkan lingkungan tidur yang tidak mendukung

Selanjutnya, jangan abaikan lingkungan yang mendukung anda bisa tidur nyenyak. Ada banyak hal seperti misalnya lampu di kamar seperti yang saya jelaskan di link yang ditautkan. Suhu kamar yang terlalu panas atau terlalu dingin pun bisa berdampak pada kebiasaan tidur anda. Gunakan selimut yang hangat jika suhu kamar anda terlampau dingin. Suara yang bising di luar hingga partner tidur yang berisik pun bisa mempengaruhi tidur anda.

7. Hindari bangun dan terjaga saat anda tak bisa tidur

Saat anda tak bisa tidur, jangan bangun dan terjaga lalu menyalakan lampu atau memperhatikan ponsel anda. Bagaimana pun hal itu akan memperparah anda untuk melanjutkan tidur. Cobalah untuk memejamkan mata dan mengingat memori yang menyenangkan agar anda bisa tidur nyenyak. Hentikan “pikiran monyet” yang menggangu kenyamanan anda tidur. Berpikirlah bahwa tidur adalah aktivitas yang membuat anda melupakan sejenak apa yang sedang jadi masalah anda.

Kesimpulan

Tidur yang baik sangat dibutuhkan tubuh agar kita bisa tetap beraktivitas yang prima sepanjang hari. Persoalannya, bagaimana kita bisa tidur nyenyak. Dengan 7 hal di atas yang harus dihindari, semoga ini bisa membantu anda. Lengkapi juga, sepuluh ritual sebelum tidur agar anda bisa tidur nyenyak dan tenang.

5 thoughts on “Tips Untuk Anda (29): 7 Hal yang Harus Dihindari Agar Tidur Nyenyak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.