Swedia (2): Menikmati Kebiasaan Sarapan Pagi yang Menyehatkan

Makanan dingin seperti di Jerman seperti keju, salami dan sosis. Di seberangnya aneka minuman dan di sampingnya aneka salad sayuran.
Anda bisa menebak ini apa?

Sarapan pagi di Swedia menjadi ulasan saya saat ini. Seperti kebanyakan traveling yang saya ulas, biasanya sarapan pagi di suatu negara menjadi menarik ketika saya tinggal lebih lama di negara tersebut dan memesan sarapan pagi yang menyehatkan di tempat kami menginap. Itu sebab saya pun mengalami pengalaman menarik bagaimana kebiasaan sarapan pagi Swedia saat kami berada di sana. Anda perlu menikmati sarapan pagi yang nikmat dan menyehatkan bila berada di Swedia.

Sarapan pagi yang menyehatkan di Swedia itu seperti umumnya sarapan pagi di Jerman. Ada roti, keju, salami/ham, margarin, butter dan mentega. Saya melihat bagaimana ada roti yang dibuat seperti sandwich di mana bagian tengah, anda bisa mengisinya dengan apa yang anda suka.

Anda bisa mengisinya dengan sayuran dingin seperti salad, tomat dan mentimun kemudian tambahkan keju dan ham. Roti terbuka dengan isian seperti itu disebut “smörgås” sedangkan isiannya bisa dengan “skinka” dan “nötkött” yakni makanan dingin seperti di Jerman. Itu adalah kebiasaan umumnya yang saya perhatikan dari para tamu yang makan bersama kami saat itu.

Selain itu, saya melihat juga bagaimana potongan roti bisa diolesi dengan messmör. Apa itu? Sejenis keju dari Norwegia yang terbuat dari susu sapi dan memiliki tekstur yang lembut sehingga bisa dioleskan ke roti. Tak hanya keju, tersedia juga selai buah-buahan bagi mereka yang menghendakinya untuk diolesi di roti.

Ini sama seperti di Jerman. Kami menyebut selai buah-buahan di Jerman dengan sebutan Marmalade. Marmalade secara tradisional dibuat di rumah, dengan memasukkan potongan buah yang menjadi selera kemudian direbus tanpa gula. Marmalade dalam bahasa jerman dan “marmelad” dalam bahasa swedia.

Dairy product.

Pilihan sarapan pagi di Swedia lainnya adalah menikmati bubur seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya. Lalu juga ada beraneka macam produk olahan susu. Seperti yang anda lihat, ada susu, yogurt dan kefir, yang rasanya seperti yogurt tetapi lebih kuat.

Satu lagi tentang dairy products, di Swedia mereka memiliki filmjölk yakni susu kental lembut seperti yogurt tetapi pembuatannya berbeda dari yogurt sehingga rasanya pun berbeda. Menurut saya, ini seperti susu terasa asam yang baik untuk pencernaan.

Umumnya, sarapan pagi di Swedia itu terbilang menyehatkan. Seperti yang anda lihat, ada banyak kandungan nutrisi seperti vitamin, mineral dan makanan berserat yang baik untuk tubuh agar bisa beraktivitas sepanjang hari.

Berbicara mengenai makanan berserat, saya lupa menyebutkan bahwa mereka juga punya sereal yang kerap tersedia di meja sarapan. Semangkuk sarapan sereal bersama susu bisa menjadi pilihan. Ada yang masih menambahkan aneka buah-buahan di atas sereal atau buah berri yang bermacam-macam.

Namun begitu, sarapan praktis mereka tidak hanya menikmati semangkuk sereal dan susu saja melainkan juga roti dan kopi. Kopi adalah salah satu minuman yang biasanya tersedia juga di meja sarapan. Secangkir kopi kental dan roti memang menjadi budaya tersendiri bagi orang Swedia untuk menikmati sarapan pagi yang praktis dan cepat.

Nah, itu tadi sekilas pengalaman dan pengamatan saya mengenai sarapan pagi di Swedia. Bagaimana sarapan pagi anda hari ini?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.