Opera and theater house.

Pandemi masih berlanjut sehingga kami tetap berdiam diri di rumah sampai waktu yang ditentukan pemerintah di sini. Meski traveling sudah terjadi lama, namun tak ada salahnya saya berbagi kepada anda tentang kota Bad Ischl, di Austria. Setelah saya bercerita pada bagian pertama tentang kota Bad Ischl yang melegenda, kini saya bagikan pada anda lokasi menarik di kota ini.

Bagaimana pun Bad Ischl memang menjadi tujuan spa resort yang fashionable dan medical purpose. Kota cantik ini cocok untuk dijadikan area relaksasi bagi wisatawan lokal maupun mancanegara seperti kami, yang berasal dari Jerman. Bad Ischl sudah dikenal sejak lama sebagai summer residence yang menawarkan keindahan pegunungan area Salzkammergut.

Paket keliling kota Bad Ischl dengan kereta beroda.
Diklaim sebagai hotel pertama di area Salzkammergut.

Saya dan suami pun pada akhirnya memilih mengikuti tur keliling kota dengan kereta beroda, dengan tarif 7€ per orang. Kotanya tak besar sehingga dijamin anda puas hanya dalam hitungan satu jam saja. Lalu apa saja yang menarik di sini?

1. Kaiservilla

Seperti cerita saya sebelumnya, Kaiservilla menjadi kediaman musim panas bagi keluarga dari Kaisar Franz Joseph I sebelum diangkat menjadi kaisar. Setelah Kaisar Franz Joseph I dan Permasuri meresmikan hubungan keduanya, ibu dari Kaisar memberikan Kaiservilla sebagai hadiah. Kaiservilla memiliki kesamaan seperti Kastil Schlösbrunn di kota Wina yang pernah saya kunjungi sebelumnya dari segi warna dan tampilannya. Kaiservilla bergaya arsitektur neoclasical dengan taman sekitarnya bergaya “English Garden”.

Biasanya si supir sekaligus pemandu wisata tur keliling kota akan menghentikan waktu lima belas menit di pos dekat sini. Untuk masuk kastil, anda tentu dikenakan tiket masuk. Seperti biasa saat masuk ke dalam kastil, pengunjung tidak diperkenankan mengambil gambar di dalamnya. Bentuk bangunan seperti huruf E, dimana pengunjung masuk langsung berada di area classical columns.

2. Congress and Teater House

Lokasinya dekat dengan Kaiser Park.

Lokasi kedua yang menarik dikunjungi adalah gedung opera dan teater yang tampak mencolok di pusat kota. Gedung ini dikelilingi taman dan area pertunjukkan terbuka untuk menyaksikan aneka pertunjukkan seni. Ini seperti area yang sering saya jumpai pada area wellness resort di Jerman umumnya. Di sekitar belakang gedung, ada kafe dan area bermain anak-anak juga ruang publik.

Di sini kita juga bisa memanfaatkan toilet yang bersih dan gratis bagi siapa pun. Oh ya, ini juga menjadi lokasi keberangkatan bagi tur kelilinv kota Bad Ischl. Pilihannya ada dua yakni kereta beroda atau delman yang bisa berkelompok. Untuk naik delman, pengunjung dikenakan charge 6€ per orang dan hanya berlangsung 30 menit.

3. Museum Bad Ischl

Salah satu situs peninggala bangsa romawi dipamerkan di Museum Bad Ischl.

Museum ini berisi berbagai informasi dan pengetahuan seputar region Salzkammergut, termasuk Hallstatt. Di sini kita bisa mengetahui soal kultur dan peninggalan sejarah yang berhubungan dengan Salzkammergut. Area bangunan berada di lokasi bersejarah yang menjadi tempat perhelatan Sang Kaisar Franz Joseph I meresmikan hubungannya dengan Permasuri Sisi.

4. Sophiens Esplanade

Berada di pinggir sungai Traun.

Permaisuri Sophie adalah ibunda dari Kaisar Franz Joseph I, yang berasal dari bangsawan Bavaria, Jerman. Untuk menghormati beliau maka tahun 1830, didirikan monumen di pinggir sungai Traun yang indah. Kini area tersebut terbuka untuk umum yang dipenuhi bangku untuk duduk dan taman indah. Di situ juga ada berbagai tempat kuliner yang bisa dinikmati pengunjung. Plus tak jauh dari situ, terdapat “Sisikuss” semacam toko sovenir bagi wisatawan.

5. Franz-Carl Brunnen

Tugu “Franz Karl Brunnen” di pusat kota Bad Ischl.

Apa yang anda perhatikan dari tugu monumen ini? Pertanyaan dari pemandu wisata pada kami. Tiba-tiba lampu merah di depan kami menyala, kami berhenti sesaat cukup lama dan saya berhasil mendokumentasikannya dari dalam kereta. Ini adalah tugu monumen yang berarti bagi warga Bad Ischl. Bentuknya heksagonal dan segitiga serta berundak tiga lantai yang memberi makna cukup dalam. Monumen ini dibuat sebagai perayaan lima puluh tahun Bad Ischl sebagai spa resort pada tahun 1877.

Monumen ini sempat dipindahkan ke tempat aman saat perang dunia berlangsung. Monumen ini juga melambang tiga lambang pada masa itu yakni Austria, Hungaria dan Bavaria. Disebut air mancur Franz-Karl karena terdapat figur Kaisar Franz-Karl dan Permasuri Sophie dari Bavaria yang menjadi orangtua dari Kaisar Franz-Joseph I. Selain itu di tugu ini menampilkan tiga pekerjaan orang-orang Salzkammergut pada waktu itu, yakni nelayan, pemburu dan penambang.

Kesimpulan

Tiap tempat wisata di Austria memiliki pesona tersendiri untuk ditelusuri, termasuk Bad Ischl. Bad Ischl menawarkan keindahan alam yang berbeda di area Salzkammergut. Di sini siapa pun bisa merasakan wellness holiday dan spa resort berkualitas sejak dulu kala. Kota kecil dengan sejarah besar telah saya jelajahi dan ternyata saya menemukan benang merah sejarah antara Bavaria, Hungaria dan Austria. Seperti cerita saya, bagaimana hubungan sejarah Bavaria dengan Hungaria di Passau. Silahkan cek link yang ditautkan!