Makanan Khas Asia (72): Soba Noodles, Mie Soba dari Jepang Pakai Saus Teriyaki

Mie Soba dengan potongan daging sapi panggang, yummy!
Mie soba chicken teriyaki, pengalaman pertama membuat dengan nori dan suwiran daging ayam.

Makanan selera asia berikutnya yang saya perkenalkan pada anda adalah mie soba dari Jepang. Mie soba itu semacam “spaghetti” bagi orang Jepang atau seperti “mie telor” bagi orang Indonesia. Pasalnya makanan ini begitu mudah divariasikan di negeri asalnya. Makanan meriah ini bisa dibuat dengam mie berkaldu hangat atau mie dingin tanpa kuah seperti yang saya tampilkan di atas. Semua sesuai selera penggemarnya.

Mie soba berasal dari tepung terigu, yang konon bisa menggantikan nasi putih yang menjadi salah satu makanan pokok orang Jepang juga. Jika mie lainnya dari Asia kebanyakan menggunakan bahan tepung beras dalam pembuatannya. Tetapi mie soba justru dari tepung terigu, sama seperti mie telor di Indonesia ‘kan?

Buatan sendiri di kesempatan lain, mie soba chicken teriyaki pakai nori dan sayuran

Menurut sejarah, keberadaan mie soba sudah ada sejak zaman Edo. Mie soba mengandung filosofi yang berarti panjang umur karena panjangnya mie soba. Mie tipis ini bisa disajikan panas atau dingin sesuai selera. Tidak hanya di Jepang saja, Amerika dan Eropa populer dengan mie soba yang dingin juga.

Pada akhirnya saya berkenalan dengan mie soba, lebih tepatnya chicken teriyaki soba. Saus teriyaki dan bumbu khas Jepang melengkapi rasa mie soba yang saya buat di rumah. Bagaimana pun semua bahan ini tersedia di toko asia di sini. Jadi, kita tak perlu khawatir membuatnya.

Untuk resep saus teriyaki, saya gunakan saus teriyaki, sedikit soja sauce, minyak wijen, sedikit jahe, bawang putih dan rice wine. Buat menjadi racikan saus yang kemudian didiamkan beberapa saat. Untuk ayamnya, saya rendam dengan sedikit bumbu terlebih dulu dengan garam, kunyi, bawang putih dan soja sauce. Goreng ayam terlebih dulu, sebelum memasak mie.

Rebus mie soba dalam air panas mendidih. Saya tambahkan sedikit minyak sayur ke dalam air panas. Tektur mie soba yang tipis membuat saya memilih memasaknya tiga menit saja. Lalu tiriskan airnya.

Anda bisa menambahkan berbagai sayuran yang anda suka. Lalu satukan mie racikan dan sayuran dengan saus teriyaki yang tadi dibuat. Atur dengan ayam goreng, potongan daging sapi panggang, potongan ayam fillet atau suwiran daging ayam. Saya tambahkan lagi, potongan nori. Itu semua tergantung selera anda.

Selamat mencoba!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.