5 Kue Natal dari Jerman yang Jadi Favorit Saya

Kue Baumkuchen.

Memasuki Minggu Advent ketiga di Jerman, saya bagikan lima kue favorit saya saat menjelang Natal. Meski hari Raya Natal masih dalam hitungan mingguan. Namun kemeriahan Natal sudah terjadi sejak sebulan lalu di Jerman. Ini tampak dari dekorasi di jalan-jalan umum hingga aksesoris perlengkapan natal yang dijual di supermarket.

Pandemi pun belum berlalu tetapi semangat merayakan Natal tak akan menyurutkan minat warga Jerman. Hari Raya Natal di Jerman menjadi tradisi tersendiri bersama keluarga sejak turun temurun. Acara televisi bertema Natal dan program liburan membuat warga Jerman betah di rumah. Tentu kenyamanan di rumah juga dbantu dengan penganan lezat hari raya kebesaran warga Jerman.

Salah satu hal yang dipersiapkan rumah tangga orang Jerman adalah membuat penganan atau kue-kue yang sudah disediakan jelang Natal hingga nanti saat perayaan bersama keluarga. Kue ini umumnya bisa saya dapatkan dengan mudah di supermarket. Tetapi ada pula kue yang memang menjadi resep keluarga dan memang tersaji sejak zaman opa-oma. Resepnya pun saya dapatkan dari Ibu Mertua.

Lalu lima kue berikut menjadi favorit saya selama menjelang Natal. Apa saja?

1. Weihnachtsplätzchen

Contoh Weihnachtsplätzhen buatan sendiri.

Kue pertama adalah kue cantik yang dipanggang kemudian diberi gula cair dan dekorasi sesuka hati. Nama kue adalah weihnactsplätzchen. Kue ini bisa ditiru oleh pemula yang ingin belajar buat kue dari negara Jerman. Kue ini memiliki adonan yang mudah dan dicetak sesuai selera. Itu sebab nama kue ini plätzhen karena adonan dibentuk sesuai cetakan.

Saya akan membuat artikel terpisah yang berisi resep yang mudah dan bisa diikuti. Sebenarnya ada juga paket kue dijual di pasaran yang bisa digunakan pemula agar tidak lagi sulit membuatnya. Semua kembali ke selera. Jika anda memerlukan pengaturan gula dan kebutuhan jenis pangan khusus, maka sebaiknya anda buat kue ini sesuai kebutuhan anda. Pastinya kue ini bisa meramaikan suasana hari raya Natal nantinya.

2. Lebkuchen

Ilustrasi.

Kue berikut yang juga sering muncul menjelang Natal di supermarket adalah lebkuchen. Kue jahe rasa cokelat ini memang digemari banyak orang Jerman. Bahkan saya baru tahu bahwa kue ini memiliki sejarah tersendiri saat saya menyambagi Nuremberg beberapa tahun lalu. Kue lebkuchen banyak diadopsi negara tetangga Jerman sebagai sajian Natal.

Hal menariknya, saat saya mendapatkan penjelasan mengapa nama kue ini adalah lebkuchen. Ejaan nama kue berasal dari mittelhochdeutsch abad pertengahan yang sampai sekarang tidak saya pahami artinya. Di Bavaria tempat tinggal saya, kue ini selalu disajikan di rumah tangga di musim dingin seperti sekarang.

Baca: Kue Lebkuchen

3. Christollen

Ilustrasi.

Kue ketiga adalah kue stollen yang dibungkus gula pasir atau terkadang gula bubuk sehingga tampilannya berwarna putih. Warna putih kue ini identik dengan salju yang turun selama musim dingin saat Natal tiba. Kue stollen biasanya dibuat rumah tangga di Jerman dengan resep turun temurun. Sementara saya lebih memilih membeli karena saya belum mahir membuatnya.

Kue ini disebut juga weihnachtstollen atau christstollen yang bisa diidentikkan sebagai kue Natal. Kue ini terbuat dari Marzipan, sejenis kacang manis. Isian lainnya bisa disesuaikan selera seperti buah apel kering, aprikot kering dan lainnya. Kue ini mengandung filosofi bahwa masa Advent adalah waktu penantian yang begitu sulit agar orang-orang Kristen menyiapkan diri menyambut Natal.

Baca: Kue Stollen

4. Vanille Kränzhen

Kue buatan sendiri.

Kue keempat yang juga menarik untuk saya bahas adalah kue Vanille Kränzhen. Saya mendapatkan resep dari Ibu Mertua untuk membuat kue ini, yang bisa anda cek di link yang ditautkan. Kue sederhana ini begitu cantik yang bisa dibuat sesuai selera penggemarnya. Bahkan selai buah-buahan yang menjadi isian pun dibuat sendiri para ibu-ibu di rumah tangga di Jerman agar manisnya sesuai.

Kue ini begitu mudah dibuat sehingga cocok bagi para pemula yang ingin belajar membuat kue kering saat hari raya tiba. Kue ini melengkapi sajian kue di Hari Raya Natal dengan resep rahasia dari masing-masing rumah tangga di Jerman. Namun bagi anda yang tak bisa memanggang kue, maka anda bisa membelinya di toko kue dan roti dimana saja.

Baca: Resep kue Vanille Kränzhen.

5. Baumkuchen

Kue terakhir adalah kue Baumkuchen yang juga menjadi favorit saya saat menjelang Natal. Kemahiran membuat kue ini pernah saya lihat di Christkindlmarkt di wilayah tempat tinggal saya atau saat saya menyambangi Budapest, Hungaria beberapa waktu lalu. Kue ini benar-benar kue yang enak karena berbalut dengan rasa karamel yang dilekatkan dengan berbagai selera rasa. Misalnya, saya memilih kue baumkuchen dengan rasa kacang almond. Kue yang masih hangat setelah dipanggang dan dinikmati di saat suhu dingin seperti sekarang, membuat saya tidak bisa menjelaskan nikmatnya.

Kue ini saya dapati setiap jelang Natal di Christkindlmarkt. Selalu tersedia tenda kue yang menjual kue Baumkuchen ini. Namun saya begitu sedih karena saat ini saya tidak lagi bisa menikmati kue ini. Pandemi membuat kami tidak menikmati lagi kemeriahan Christkindlmarkt atau pasar natal yang menjadi tradisi orang Jerman menjelang Natal, termasuk jajanan yang selalu menemani menjelang Natal. Begitulah!

Baca: Kue Baumkuchen di jajanan Christikindlmarkt, pasar natal di Budapest

Kesimpulan

Kue ini saya pilih berdasarkan kue favorit saya dan keluarga. Bisa jadi anda punya selera tersendiri untuk menyajikan kue-kue lezat di hari raya nanti. So, bagaimana dengan anda saat menyiapkan kue-kue menjelang hari raya?

Selamat berhari Minggu dan selamat memasuki Minggu Advent ketiga bagi anda yang merayakannya!

4 thoughts on “5 Kue Natal dari Jerman yang Jadi Favorit Saya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.