Ilustrasi: Dekorasi Natal dari tanaman kering.

Sepuluh hari menjelang Natal, berbagai persiapan menjadi kesibukan tersendiri bagi warga Jerman, termasuk kami yang juga merayakannya. Salah satu persiapan yang dilakukan adalah dekorasi rumah tangga seperti tanaman. Mungkin ide ini yang tak pernah saya bayangkan sebelumnya saat merayakan Natal di Indonesia dulu.

Dahulu saya hanya tahu pohon Natal yang menjadi ciri khas merayakannya. Rupanya ada juga tanaman lain yang identik menjadi dekorasi hari raya Natal. Tanaman ini saya temukan biasanya berada di peredaran supermarket. Tanaman memberikan sisi berbeda di hari raya agar suasana rumah anda semakin hangat. Bahkan saya menemukan ide dekorasi Natal dari tanaman kering yang dibuat seperti contoh foto yang saya sertakan di atas. Semua diperlukan keahlian anda untuk merakitnya dan menjadi hiasan cantik di hari raya.

Berdasarkan survei yang saya baca, rata-rata orang Jerman membeli pohon Natal asli, bukan tanaman plastik sebanyak 2 pohon. Mereka rata-rata membeli untuk ruang tamu dan teras atau balkon di luar rumah. Rata-rata ukuran pohon Natal berkisar 1,50 – 1,75 meter dengan harga sekitar 30€. Untuk tahun ini, sepertiga warga Jerman memilih menggunakan pohon Natal yang sudah digunakan tahun lalu.

1. Weihnachtsbaum/ Christbaum

Di Indonesia, saya hanya mengenal pohon natal plastik yang biasanya tiap tahun kerap kami pasang di rumah. Pohon natal plastik ini sebagai dekorasi yang menghiasi hari raya Natal. Kemudian pengalaman saya tentang pohon natal di Jerman berubah seiring dengan berbagai aktivitas keluarga dari pihak suami yang juga menyiapkan pohon natal.

Pohon natal di Jerman itu benar-benar pohon cemara, yang disebut der Tannenbaum. Ini seperti mengingatkan lagu natal yang biasanya diperdengarkan jelang Natal, “O Tannenbaum, o Tannenbaum, Wie grün sind deine Blätter…” Pengalaman ini membedakan pohon natal yang biasanya saya hias di Indonesia, yakni pohon Natal plastik dengan di Jerman, yakni benar-benar pohon cemara.

Setiap supermarket sudah menyiapkan pohon cemara asli untuk ditawarkan kepada pembelinya. Harga pohon cemara itu bervariasi tergantung ukuran tentunya. Seiring dengan kebutuhan pohon natal, tentu penebangan pohon cemara hanya dilakukan oleh mereka yang berhak dan diijinkan. Artinya, saya tidak mungkin menebang pohon cemara di hutan sekitar lalu membawanya ke rumah. Para pencinta lingkungan juga kerap membagikan bibit pohon cemara di area publik agar kita bisa menanamnya kembali.

Saat pandemi masih berlangsung, semua aktivitas ini terasa berbeda. Bisa jadi orang mulai mempertimbangkan dekorasi Natal karena pembatasan orang yang berkunjung ke rumah. Tak ada lagi juga pemberian bibit cemara di tempat-tempat publik. Saya sempat membaca berita lokal, krisis pandemi ini membuat orang membeli pohon natal lebih awal dan terjadi peningkatan pembelian juga. Alasannya, banyak warga Jerman ingin membuat suasana nyaman di hari raya Natal dan menghiasi rumah mereka dengan pernak-pernik Natal. Di sisi lain, krisis pandemi juga bisa berdampak pada penjualan dekorasi Natal dimana orang mulai mengecangkan ikat pinggang, termasuk mengatur pembelian dekorasi Natal.

2. Weihnachtsstern

Warna merah dan hijau seperti dekorasi Natal umumnya.

Tanaman kedua yang menjadi dekorasi Natal adalah der Weihnachtsstern, yang juga biasa disebut sebagai Christstern, Advenststern atau Poinsettie. Tanaman ini termasuk dalam famili botani yang dikenal Euphorbiaceae atau Euphorbia Pucherrima. “Stern” dalam bahasa jerman diterjemahkan menjadi bintang. Tanaman ini memang memiliki julukan khusus seperti bintang natal yang termasuk jenis tanaman hias di masa Natal.

Meski tanaman hias ini hanya mekar dalam waktu singkat sepanjang tahun tetapi tanaman ini kerap menempati urutan tertinggi dibeli saat Natal tiba. Alasannya simpel, perawatannya mudah. Saya menyiramnya tidak sering, hanya agar tanaman ini tidak dibiarkan kering. Jangan sampai air membuat tanaman ini tergenang. Weihnachtsstern juga kadang berbunga. Perhatikan juga agar tidak muncul hama atau kutu pada tanaman ini. Pada musim dingin, saya memilih tanaman ini diletakkan di dalam ruangan yang tak banyak menggunakan penghangat ruangan.

3. Weihnachtskaktus

Seperti yang pernah dibahas, apakah weihnachtskaktus dan herbstskaktus adalah sama? Ini pernah saya bahas beberapa waktu lalu. Rupanya memang weihnachtskaktus dan herbstskaktus adalah sama, hanya berbeda penyebutannya saja di pasaran. Weihnachtskaktus berasal dari Schlumbergera, salah satu famili dari tanaman kaktus.

Baca: Herbstskaktus, Kaktus di Musim Gugur

Kesimpulan

Bagaimana pun dekorasi memang tidak hanya menjadi bagian dari gaya hidup saja, tetapi juga kebutuhan. Apalagi pandemi belum berakhir yang membuat kita tetap nyaman dan betah di rumah. “Home Swet Home” atau buat orang Bavaria, “Dahoam ist Dahoam” yang berarti “Rumahku Istanaku”. Hari Raya Natal mengingatkan kembali kepada makna keluarga sesungguhnya.