Spätzle mit Rahm-Champignons, spätzle pakai saus krim jamur di rumah.
Spätzle yang masih mentah.

Spätzle itu identik dengan mie telur seperti di Indonesia. Bedanya mie telor khas masakan nusantara itu keriting, sedangkan spätzle tidak. Pembuatannya pun sama-sama dari tepung terigu dan telur. Di Indonesia mie serupa ini disebut mie telor. Saya lebih banyak mengenalnya mie telor rebus dan mie telor goreng.

Spätzle di Jerman bisa menggantikan nasi dan kentang sebagai side dishes yang bisa di pilih. Memasaknya pun mudah. Cukup masukkan dalam air mendidih dan masak selama 12-15 menit. Kemudian tiriskan air dari spätzle dan bisa dipergunakan sesuai keperluan.

Berikutnya ada 3 resep spätzle yang baru saja saya coba di rumah.

1. Spätzle in Rahm-Campignons Sauce

Makan siang di rumah.

Resep pertama ini berbeda dari kedua resep berikutnya yang memakai daging. Saya menggunakan jamur pada resep pertama dengan saus krim yang mudah untuk anda praktikkan di rumah. Krim jamur yang lezat bisa menggantikan kelezatan daging dengan krim yang kaya.

Bahan yang dipergunakan adalah jamur champignon tentunya yang sudah dipotong, krim, bawang putih dihaluskan, daun seledri, garam dan butter/mentega.

Cara membuatnya, panaskan wajan. Masukkan butter/mentega. Masukkan bawang putih yang dihaluskan, kemudian jamur champignon. Masak hingga layu dan benar-benar masak. Tambahkan krim hingga masak. Beri daun seledri untuk memberi kesan terakhir.

2. Geschnetzeltes mit Spätzle

Buatan sendiri.

Untuk resep kedua, bahan yang diperlukan adalah daging fillet, bawang putih dihaluskan, daun thymian, mentega, kaldu sapi, perasan jeruk dan garam+merica. Keringkan daging fillet dengan tisu dapur. Bumbui daging dengan garam dan merica. Diamkan beberapa saat.

Panaskan wajan. Masukkan mentega. Setelah mentega mendidih, masukkan tyhmian dan bawang putih. Masukkan daging yang sudah dibumbui juga masak dan beri perasan jeruk lemon dan kaldu sapi. Masak hingga matang. Anda juga bisa tambahkan anggur putih jika suka.

Sajikan dengan spätzle yang sudah matang. Alternatif lainnya, masukkan spätzle sambil menunggu potongan daging menjadi matang. Masak sekitar 4-5 menit lagi.

3. Spätzlesuppe

Buatan sendiri.

Resep ketiga adalah spätzle dengan daging giling. Bahan yang diperlukan daging giling, bawang putih, thymian bubuk, saus toscana, daun seledri, kaldu sapi dan minyak zaitun. Kentang yang kecil dan teksturnya lembut sehingga tak perlu waktu lama merebus. Di sini dikenal dengan istilah, vorwiegend festkochende kartoffeln.

Panaskan wajan dan masukkan minyak zaitun. Tambahkan potongan kentang yang sudah dipotong kecil-kecil. Ketika kentang setengah matang, masukkan daging giling. Masak hingga matang.

Bersamaan itu, panaskan wajan dan masukkan air untuk membuat saus toscana. Beri bawang putih yang dihaluskan dan bubuk thymian. Setelah air mendidih, masukkan bubuk saus toscana hingga matang.

Setelah saus toscana matang, masukkan potongan daging giling dan kentang. Masak hingga bercampur rata. Sajikan dengan spätzle yang sudah matang.

Semoga ini menginspirasi anda untuk memasak di rumah.