Ilustrasi.

Liburan Natal dan akhir tahun sedang kita hadapi. Ketika kesempatan liburan tiba, tetapi saya atau mungkin anda tidak bisa memanfaatkannya karena pembatasan dan ketentuan berpergian yang diberlakukan pemerintah. Tujuan baik ini tentu untuk menekan laju pertambahan kasus corona yang tidak kita kehendaki. Apa daya, liburan bisa tetap menyenangkan meski tak ada program liburan.

Rencana liburan kami pun berubah. Biasanya saya dan suami memiliki program liburan Natal di suatu tempat, tetapi kali ini kami tidak pergi kemana-mana. Bisa jadi anda pun mengalami hal yang sama dan tidak memiliki ide untuk menghabiskan waktu liburan anda. Oleh karena itu, saya menjabarkan lima ide yang membantu anda menemukan kesibukan tersendiri.

5 ide ini adalah pengalaman pribadi yang diyakini bisa membuat anda agar tidak bosan selama liburan.

Apa saja 5 ide tersebut?

1. Menikmati media hiburan di rumah

Liburan identik dengan hiburan. Program televisi dipenuhi berbagai macam film yang menarik dan berbeda dari kebanyakan tayangan tiap hari. Tak suka menonton program televisi. Anda bisa ikut program TV Berbayar yang akhir-akhir ini menawarkan promo harga dan kesempatan menarik lainnya. Dengan begitu, anda tetap terhibur dengan tayangan yang anda pilih sendiri.

Pilihan lain adalah membuat suasana rumah senyaman bioskop. Sebagaimana anda tahu, ada manfaat positif yang perlu diketahui dari menonton film bersama keluarga seperti layaknya bioskop di rumah. Silakan cek artikelnya di link yang ditautkan! Lantas, apakah media hiburan hanya itu saja? Tidak, banyak!

Anda bisa bermain lewat permainan tradisional yang melibatkan anggota keluarga. Di rumah kami memiliki beberapa permainan yang bisa dimainkan bersama-sama. Cara lain, tentu sesuai kreativitas anda. Semisal duduk di balkon rumah lalu membuat permainan tebak-tebakan atau kelompok bercerita yang menghibur. Bukankah selama ini kita begitu sibuk satu sama lain sehingga lupa untuk bercerita? Ini saatnya.

Media hiburan bisa anda dapatkan dari berbagai cara lain yang tidak harus berpergian ke tempat wisata, karena semua tutup. Media hiburan adalah bermain dengan hewan peliharaan atau mengajaknya berjalan keluar rumah. Bermainlah yang menghibur anda. Pikirkan bahwa ini berhasil menghemat pengeluaraan anda, dibandingkan kebiasaan berliburan yang selama ini dilakukan.

2. Menekuni hobi

Apa hobi anda? Apa yang menjadi kegemaran dan kesukaan anda sehingga ini menyita waktu anda? Saya suka sekali membaca dan menulis. Saya bisa duduk, membaca dan menulis berjam-jam saat saya memiliki waktu lowong. Hobi baru yang ditekuni misalnya memasak dan membuat kreasi kue. Apa pun itu, temukan jiwa kreativitas anda yang selama ini anda lupakan.

Jika hobi traveling tidak bisa dilakukan, maka temukan hobi lain yang sama menariknya. Menulis kisah traveling yang sudah lewat, bisa jadi hobi baru. Temukan imajinasi anda melalui melukis atau menggambar. Bukankah itu sama menariknya? Anda bisa salurkan hobi tersebut saat ini dimana anda punya banyak waktu lowong seperti sekarang.

3. Bekerja kala liburan

Bekerja kala liburan ini bisa menjadi pilihan saat anda mendapatkan tawaran menghasilkan uang meski liburan. Di sini kami menjulukinya saisonsarbeit dimana anda mendapatkan kesempatan dalam waktu tertentu untuk mengerjakan pekerjaan kala sebagian besar orang berlibur. Saya termasuk orang yang sekarang mengambil peruntungan tersebut. Biasanya liburan Natal dan akhir tahun dihabiskan dengan traveling, kini saya bekerja untuk periode tertentu. Mengapa tidak?

4. Menyortir dokumen, menata peralatan dan merapikan rumah

Aktivitas pengisi liburan yang juga banyak dilakukan banyak orang di akhir tahun adalah menyortir dokumen. Tahun sudah berganti. Berbagai dokumen seperti surat, surat kabar, brosur, majalah dan berbagai kertas yang tak diperlukan bisa jadi sampah kertas tersendiri. Dokumen penting diarsipkan, sedangkan dokumen penting yang tidak dipergunakan lagi seperti kuitansi belanja, agenda harian atau catatan sepanjang tahun bisa dihancurkan terlebih dulu dengan mesin shredders sebelum dibuang ke tempat sampah kertas.

Hal lain yang bisa dilakukan lainnya adalah merapikan dan menata rumah. Tahun berganti baru, bukankah kita bisa mengganti suasana rumah baru dengan mengatur dan menata ulang perabotan mebel rumah? Dengan begitu, anda bisa mendapatkan suasana berbeda di rumah di tahun yang baru. Jika selama ini kita begitu sibuk dan rumah tampak berantakan maka ini saatnya untuk menata ulang dan mengorganisir semuanya.

5. Menjadi relawan sosial

Hal terakhir yang bisa dilakukan adalah memberikan waktu untuk mereka yang membutuhkan. Menjadi relawan sosial adalah cara kita berbagi dengan sesama. Menjelang tahun baru dengan situasi pembatasan kontak sosial, ada pilihan membantu tetangga berbelanja kebutuhan sehari-hari di supermarket atau membantu memasak untuk mereka yang membutuhkan. Itu yang saya ketahui di sini.

Kini tersedia juga program relawan virtual atau relawan jarak jauh yang memungkinkan anda bisa meluangkan waktu sejenak bagi mereka yang membutuhkan. Anda bisa temukan di website khusus penyedia virtual volunteering misalnya, yang sesuai minat dan kesediaan waktu anda.

Happy Holidays!