Nasi Kari India dan Sea Food Saus Hoisin dari Tiongkok.

Memulai tahun yang baru membuat saya berpikir untuk memadukan dua kuliner dari dua negara berbeda dalam satu sajian piring. Mungkin ide saya terdengar aneh, tetapi mengapa tidak. Sebagai contoh, saya biasa menikmati nasi kari dengan kuliner dari negeri Bollywood tentunya. Anda bisa mengecek artikel tersendiri tentang nasi kari asal India di sini.

Baca: Nasi Kari asal India

Lalu saus Hoisin pun sudah sering saya bahas. Mulai saya memesannya sendiri di restoran negeri tirai bambu hingga saya mencoba memasaknya sendiri di rumah. Saus hoisin itu terasa manis dan gurih yang baik untuk dimasak bersamaan daging, sayuran atau sea food. Kali ini saya membuatnya sea food saus hoisin. Rasanya pun tak kalah seperti masakan restoran yang saya pesan.

Baca: Masak Sea Food Saus Hoisin

Jika biasanya masakan saus hoisin yang saya pesan selalu tersaji dengan nasi putih, maka kini saya variasikan dengan nasi kari. Nasi kari itu berbeda dengan nasi kuning, meski keduanya berwarna kuning. Warna kuning kedua nasi tersebut berasal dari kunyit.

Nasi Kari

Bahan yang diperlukan adalah beras jenis basmati, air, cengkeh, kapulaga, kayu manis, jinten, kunyit bubuk, sedikit garam. Untuk 3 cangkir beras maka saya butuh 5 cangkir air dan 2 sendok kunyit bubuk yang saya masak bersamaan.

Sea food saus hoisin

Bahan yang diperlukan adalah sea food, buncis, bawang bombay, tauge, jamur champignon, daun baawang dan saus campuran. Saus campuran terdiri atas saus hoisin, saus tiram, saus ikan, kaldu sayuran dan bawang putih halus. Agar kuahnya sedikit mengental, saya berikan satu sendok tepung. Masak hingga matang dan saus mengental.

Kesimpulan

Setelah saya padukan dua kuliner asal India dan Tiongkok tersebut, saya percaya akan ada kreasi lainnya di bidang kuliner yang menjadi kreasi rasa agar tidak membosankan. Selamat mencoba!