Hacksteak dengan Kartoffelpüree, berikut sup sayuran di kantin.

Makanan yang satu ini adalah steak, tetapi berbeda dari kebanyakan steak yang saya kenal sebelumnya. Steak umumnya adalah irisan daging pipih, kadang disertai sedikit urat yang kemudian dipanggang hingga matang. Pilihan lain memasak steak adalah membuatnya dalam pan-fried dengan sedikit minyak. Saya mengenal steak yang dimakan dengan kentang dan sayuran sejak saya berada di Jakarta dulu.

Namun bagaimana steak di Jerman?

Contoh steak lainnya, yang bukan berasal dari daging giling dan memakai Kräuter Butter.

Istilah steak berasal dari kata berbahasa Inggris dari abad pertengahan yakni “steik” kemudian kata ini banyak dipakai dalam buku resep selanjutnya. Steak memiliki tempat tersendiri bagi pecintanya.

Baca: Cuma Garam dan Merica saja, Steak ini Tetap Enak

Seperti di Jerman, potongan daging dipanggang kemudian diberi saus sesuai selera. Contohnya, steak ala Meksiko yakni steak diberi saus lada hitam yang bisa dicek di link yang ditautkan. Atau potongan daging steak diberi kräuter butter seperti tampak pada foto yang saya sertakan. Steak pakai keju yang dinikmati dengan ubi dan sayuran rebus, pun sama enaknya.

Baca: 3 Variasi Steak

Lalu bagaimana bila daging steak berasal dari daging giling?

Jika anda tahu hamburger, itu juga termasuk steak. Dimana isian hamburger adalah potongan pipih daging giling yang dibentuk dan dipanggang. Jadi, steak daging giling bukan hal baru sebenarnya.

Steak dengan daging giling bisa anda dapatkan di Jerman dengan sebutan Hacksteak. Seperti Hacksteak yang ingin saya perlihatkan pada anda adalah buatan sendiri di rumah, hanya saja saya memanggangnya terlalu berlebihan sehingga tampak hangus dan tak menarik. Akhirnya saya pamerkan pada anda Hacksteak yang saya pesan di kantin.

Menurut saya, steak adalah jenis makanan termudah. Hanya garam dan merica saja, daging dipanggang baik di kedua sisi maka bisa disantap dengan kentang dan sayuran seperti yang pernah saya tulis di link ini. Semoga ini bisa menginspirasi anda untuk mencobanya di rumah.