Taman indah seperti di cerita dongeng.
Oase di pusat kota.
Sudut taman.

Di hari Minggu siang, kami berencana berjalan-jalan di taman terbesar di kota Kopenhagen. Alasannya sih, kami ingin menikmati pemandangan taman indah yang letaknya di dekat istana kerajaan. Konon taman ini menjadi favorit warga lokal untuk mengisi waktu lowong. Ada yang berjalan-jalan, ada yang duduk dan menggelar tikar piknik, ada yang sedang baca buku, senam berkelompok dan masih banyak lagi.

Sebagai tempat favorit warga, kami pun penasaran dan menyambangi The King’s Garden. Taman luas dan indah ini tak berbayar. Itu sebab saya pikir anda bisa merekomendasikannya bila datang ke Kopenhagen. Bersiaplah anda susah mendapatkan tempat menggelar tikar piknik jika anda datang saat musim panas. Pasalnya, tempat ini penuh untuk warga melakukan berbagai aktivitas. Bahkan bila beruntung datang di musim panas, anda bisa menyimak pertunjukkan seni yang menarik.

Di The King’s Garden terkadang dilaksanakan berbagai pergelaran terbuka untuk warga seperti konser, live music atau balet yang menarik. Sayangnya kami datang tidak di musim panas. Saya yakin bunga-bunga indah di taman ini akan semakin tampak menawan di musim panas. Seperti bagaimana pengalaman saya menemukan mawar oranye dan mawar kuning yang indah, yang bisa anda lihat di link yang ditautkan.

Taman luas ini bahkan menyediakan khusus taman labirin seperti cerita dongeng yang saya baca. Letaknya pun di seberang lokasi istana. Saat menyambangi pintu masuk, kami melihat bagaimana pergantian pengawal kerajaan. Kami sendiri tidak sampai masuk ke dalam istana. Di sana terdapat pengawal yang berjaga-jaga dan memang tidak gratis untuk masuk ke dalam. Kami putuskan hanya berada di sekitar taman saja.

Patung Ratu Caroline Amalie (1796 – 1881).
Di sini saya menemukan mawar indah.
Taman kecil di antara taman luas.

The King’s Garden konon adalah taman kerajaan yang dibuka pertama kali tahun 1770. Oleh karena itu, saya berpendapat bahwa taman ini termasuk taman tertua dan terbesar di dunia. Taman favorit dan populer warga Kopenhagen ini selalu menyedot minat warga untuk mengisi waktu lowong, seperti membaca, berolahraga, relaksasi, bahkan mendapatkan hiburan yang digelar di sini.

Turis seperti kami begitu berkesan dengan taman di pusat kota ini. The King’s Garden seperti oase di pusat kota. Anda bisa berpiknik dan menikmati hutan kota yang indah dan gratis. The King’s Garden seperti meeting point buat warga juga. Tersedia juga kafe dan restoran bagi mereka yang memerlukan. Kami juga bisa menikmati toilet yang gratis di sini.

Andai tiap kota besar di dunia punya taman indah dan besar seperti ini. Andai kota metropolitan yang megah tidak harus dijadikan hutan beton untuk seluruh lahannya. Itu pemikiran saya.

Bagaimana pun taman gratis ini begitu berkesan dan memberi pengalaman positif yang meningkatkan suasana dan rasa bahagia bagi pengunjungnya. Bahagia yang sederhana bila kita bisa bersentuhan dengan alam tanpa dibebani tiket masuk. Keren!

Selamat berhari Minggu!