Lontong sayur buatan sendiri.
Ini adalah contoh lontong ukuran besar dan kecil dari beras yang dimasukkan plastik makanan seperti di atas.

Apa yang anda lakukan jika anda merindukan makanan yang tak mungkin bisa anda beli? Membuat dan memasaknya adalah cara mengobati kerinduan saya bila saya menghendaki makanan yang tidak saya temukan di tempat tinggal saya sekarang. Salah satu makanan tersebut adalah lontong sayur yang tidak pernah sama sekali saya buat dan masak saat saya masih berada di Indonesia. Alasannya, saya bisa dengan mudah membeli dan menikmatinya.

Di Jakarta saya biasa membeli seporsi lontong sayur untuk sarapan pagi. Harganya yang murah sudah membuat saya kenyang untuk mengawali hari saya yang sibuk. Namun bagaimana jika saya membuat lontong sayur di Jerman? Saya tentu membutuhkan lontong yang pastinya tidak mudah saya membuatnya sendiri. Kata ibu saya, jika tidak ada lontong maka makanan tersebut bukanlah lontong sayur. Pada akhirnya, eksperimen membuat lontong pun berhasil saya lakukan setelah beberapa kali kegagalan.

Keberhasilan saya membuat lontong menjadi inspirasi ide bagi anda yang ingin membuatnya sendiri di rumah tetapi anda tak punya daun pisang misalnya. Bagaimana pun daun pisang begitu langka di sini. Daripada saya menunggu pesanan daun pisang di toko asia datang, maka lebih baik saya menggunakan cara lain membuat lontong agar saya bisa tetap menikmati lontong sayur.

Inspirasi membuat lontong sayur bisa anda lakukan bila anda juga sama-sama tinggal di luar negeri yang begitu sulit mendapatkan daun pisang. Bahan material yang saya gunakan pun aman dan memang khusus digunakan di Jerman sebagai material bahan makanan.

Saya pun memanfaatkan waktu dinginnya Jerman di luar yang minus sekian derajat untuk membiarkan lontong mengeras dan bisa langsung dinikmati. Biasanya ibu saya membuat lontong itu satu hari sebelum dinikmati agar lontong punya tekstur yang tidak lembek. Suhu udara di luar yang dingin di Jerman membantu tekstur lontong saya mengeras dan bisa langsung saya dinikmati pada hari itu juga.

Lontong sayur di kesempatan lain.

Nah, daripada saya panjang lebar bercerita maka lebih baik saya bagikan langkah membuat lontong ala saya. Ini dia caranya:

  1. Ambil satu sendok beras dan masukkan ke dalam plastik makanan. Lalu buat beberapa lubang di plastik tersebut. Kemudian beri ruang sebelum anda menutup kantong plastik dengan rapat. Lihat contoh di atas.
  2. Cara lain bila anda begitu repot mencari plastik makanan dan menutupnya dengan alat bantuan khusus maka anda bisa membeli “Reisbeutel” di supermarket. Reisbeutel adalah cara praktis di Jerman memasak nasi dengan membiarkan kantong beras dalam air mendidih yang dimasak sekitar 10-15 menit. Ini adalah cara memasak nasi tanpa rice cooker atau panci kukus di sini. Reisbeutel biasanya memiliki kantong yang sudah dilubangi.
  3. Setelah anda punya reisbeutel atau kantung beras yang sudah berlubang maka masukkan dalam panci berisi air. Usahakan air menutupi keseluruhan kantung-kantung beras.
  4. Setelah air mendidih, masak dalam api sedang/kecil selama 60 menit. Saya gunakan kompor listrik.
  5. Jika air dalam panci sudah mulai surut, anda bisa tambahkan air lagi agar kantung beras bisa tetap terendam. Biarkan masak hingga 60 menit lamanya.
  6. Setelah 60 menit berakhir, tiriskan airnya dari lontong yang sudah matang dan mulai mengeras.
  7. Biarkan lontong dalam wadah selama 1-2 jam untuk diletakkan di luar dengan suhu minus di wilayah tempat tinggal saya saat ini.
  8. Lontong pun siap disajikan bersama kuah sayur yang sudah dimasak sebelumnya.
  9. Sajikan lontong dengan sayur berkuah, bawang goreng, telur rebus dan krupuk.

Selamat mencoba di rumah!