Tampak depan.

Kunjungan saya yang tak lama tahun lalu ke Berlin membuat saya mendokumentasikan beberapa tempat penting di ibukota Jerman tersebut. Namun situasi pandemi yang tak nyaman untuk berwisata tentu membuat saya memilih untuk memotretnya saja dan tidak berwisata dulu saat ini. Saya hanya berjanji bahwa saya pasti datang kembali ke Berlin dengan berbagai cerita seru dan menarik lagi.

Salah satu tempat penting di Berlin yang harus saya dokumentasikan adalah gedung pemerintahan Reichstag. Tempat yang biasanya sering saya lihat di tayangan berita di program televisi di sini tentang bagaimana para pejabat di Jerman berpendapat. Tempat yang menjadi markas wakil rakyat. Seperti yang tertulis di bagian atas gedung ini “Dem Deutschen Volke” yang berarti didedikasikan untuk rakyat Jerman.

Situasi pandemi juga membuat gedung ini pun tak seramai seperti biasanya. Hal menariknya kita sebagai warga biasa bisa datang berkunjung dan mengamati bagaimana para wakil rakyat ini sedang rapat dan bekerja karena ada ruang untuk pengunjung di sana. Namun sebagai turis pun ternyata kita pun bisa berkunjung ke gedung pemerintahan ini.

Gedung Reichstag adalah salah satu destinasi wisata wajib bila anda datang ke Berlin. Bangunan perpaduan antara klasik dan moderen ini memiliki pesonanya tersendiri. Sebagai turis, kita bisa mendaftar secara online untuk berkunjung gratis.

Bawa kartu identitas sebagai bukti konfirmasi, kemudian staf gedung akan bersikap ramah untuk menuntun ke bagian Dome yang selesai dibangun tahun 1999. Dome adalah kubah kaca besar yang memiliki pemandangan 360 derajat pemandangan kota Berlin. Melalui jalan spiral dengan dinding kaca membuat cahaya alami yang menarik dan menuntun pengunjung berjalan melihat lanskap ibukota Jerman ini.

Gedung Reichstag selesai dibangun tahun 1894 dan telah menyimpan berbagai peristiwa bersejarah bagi warga Jerman. Gedung ini pun pernah mengalami peristiwa alam seperti kebakaran dan peristiwa dunia seperti perang juga. Baik siang maupun malam, gedung Reichstag begitu indah dan menarik untuk dikunjungi. Jadi saat ini saya hanya sekedar berfoto pada bagian depannya saja.