Bihunsuppe atau sup bihun dari Indonesia.

Indonesische Bihunsuppe adalah salah satu makanan kemasan praktis yang saya temukan di Jerman dan Belanda, tetapi makanan ini belum pernah saya santap sebelumnya di Indonesia. Saya menemukan sup bihun kemasan di salah satu supermarket ketika saya sedang berada di Belanda. Kemudian saya membelinya dan bermaksud untuk mencobanya segera. Pasalnya “Indonesische Bihunsuppe” ini bisa langsung disantap atau dihangatkan terlebih dulu. Praktis memang!

Selama ini saya hanya mengenal bihun goreng, bihun ayam dan kreasi bihun pakai udang. Tetapi bagaimana dengan sup bihun?

Baca: Salad pakai bihun dari Thailand

Setelah saya mencoba “Indonesische Bihunsuppe” ternyata rasanya berbeda, tidak seperti yang saya perkirakan. Sup bihun yang saya kenal di Indonesia begitu bening dan tak terlalu banyak rempah. Sedangkan “indonesische bihunsuppe” begitu kental sausnya, ada rasa pedas dari lada dan jahe serta memiliki isian yang berbeda dari bihun ayam yang biasa nikmati.

Saya pun penasaran untuk mencoba memasaknya di rumah. Saya mendapatkan resepnya dan berhasil mempraktikkannya di musim dingin seperti sekarang. Ternyata racikan bumbunya pun berbeda. Ada kekuatan soja sauce, kecap, sedikit jahe, lada dan cabai jika ingin lagi pedas.

Baca: Lumpia pakai bihun dari Vietnam

Sup bihun ini menjadi salah satu promosi kuliner Indonesia yang dikenal di Jerman melalui kemasan praktis siap saji. Ada daging ayam fillet yang diselipkan di dalam sup sehingga anda bisa membayangkan gurih dan lezatnya sup ini, apalagi dinikmati di musim dingin seperti sekarang.

Bihun juga bisa menjadi pilihan, selain nasi yang sering kita nikmati. Ini menjadi ide sup hangat yang disajikan saat musim dingin. Kreasi saya pada sup bihun di atas, saya tambahkan lagi kacang goreng sedikit.

Apakah anda tertarik untuk mencobanya?