Butter Chicken masakan khas India.

Mencicipi masakan khas India bukan pengalaman pertama untuk saya dan suami. Kami kerap menyambangi restoran India langganan kala kami ingin menikmati masakan negeri Bollywood tersebut.

Namun apa daya saat ini restoran India langganan kami benar-benar tutup dan tidak menerima pesanan karena situasi pandemi yang tak memungkinkan. Tentu ini bukan berarti kami tidak mencicipi masakan India bila saya merindukannya.

Adalah bumbu praktis yang mudah diperoleh di supermarket di Jerman yang menyediakan bumbu tersebut. Saya menemukan bumbu cara memasak India Butter Chicken yang mudah dan praktis.

Aha! Saya tidak perlu repot lagi meracik bumbu dan rempah yang tidak banyak saya ketahui. Bumbu praktis ini menjadi gaya hidup kekinian yang membuat siapa saja bisa memasak.

Baca: Tandoori Chicken, Pesanan Masakan India Pertama kali

Nasi kari dan butter chicken.

India Butter Chicken adalah salah satu masakan India yang banyak dikenal di negara-negara western karena rasa daging ayam berbumbu kari dan kaya rempah ini sangat lezat.

Baca: Begini Masakan India Chicken Tika Masala Bila Disantap di Jerman

Jika anda suka makanan pedas, anda bisa atur lagi tingkat kepedasannya. Namun di Jerman, India Butter Chicken begitu mudah dan tingkat kepedasan mild yang bisa diterima.

Makanan ini disebut juga murgh makhani, namun paling sering dikenal butter chicken. Menariknya makanan ini tidak dimasak dengan butter sama sekali. Lalu mengapa disebut butter chicken?

Saya berpikir saus kari ayam mentega atau murgh makhani yang kental dan creamy seperti yoghurt yang menyebabkan namanya dijuluki butter. Bahkan anda dan saya sama sekali tidak bisa melihat daging ayam sesungguhnya, hanya bumbu yang kental yang membalut daging ayam masak tersebut.

Begitulah masakan dari negeri Bollywood, yang bisa anda cek untuk setiap artikel masakan India yang saya pernah pesan. Daging ayam atau ikan yang saya pesan sama sekali tak tampak, melainkan tertutup dengan bumbu yang kaya rempah.

Konon warga India untuk memasak murgh makhani perlu oven dari tanah liat agar bisa menghasilkan tekstur dan keharuman masakan yang berbeda.

Warna merah dari sausnya berasal dari saus tomat, ada juga sejenis krim khusus, rempah-rempah seperti kapulaga, jinten, garam masala dan sebagainya. Bumbu praktis ini komplit karena saya tak perlu lagi menyiapkan rempah-rempah lainnya.

Bumbu praktis ini menjadi bisnis tersendiri di masa mendatang untuk menjadikan siapa saja bisa memasak. Anda bisa mencicipi aneka masakan dunia, tanpa harus pergi ke restoran.

Praktik memasak menu baru dari berbagai belahan dunia bisa menjadi pengalaman menarik, seperti yang saya lakukan ini. Siapa sangka saya bisa menyajikan hidangan dari negeri Bollywood di rumah.