Ilustrasi. Tanaman hias milik sendiri.

Saya yang berasal dari negeri tropis tentu mengenal dengan baik tanaman lidah buaya. Namun saya tidak banyak tahu mengenai perawatan dan ragam jenisnya yang ternyata berbeda-beda. Seperti tanaman lidah buaya yang baru-baru ini saya beli yang semula saya pikir adalah tanaman kaktus. Ternyata tanaman di atas adalah jenis aloe vera atau yang saya kenal sebagai lidah buaya.

Saya membeli tanaman hias ini dikarenakan saya ingin membuat suasana rumah menjadi lebih nyaman. Sebagaimana anda tahu bahwa kini sebagian besar waktu kita banyak dihabiskan di rumah.

Home sweet home menginspirasi saya untuk menata rumah menjadi indah, nyaman dan begitu terasa menarik. Salah satunya adalah saya menghiasnya dengan berbagai tanamam hias. Tentu tanaman hias pun perlu diperhatikan perawatannya agar tetap terawat dengan baik.

Tanaman hias lidah buaya itu saya pilih sebagai penghias di ruangan rumah mengingat saat ini wilayah tempat tinggal saya tertutup salju. Suhu udara minus sekian derajat jelas tidak mungkin membuatnya tumbuh baik di luar. Apalagi tanaman lidah buaya menyukai lokasi yang hangat dan penuh sinar matahari.

Saya letakkan di dekat jendela yang memang cocok untuk mendapatkan sinar matahari, meski tidak secara langsung. Tanaman lidah buaya juga disarankan tinggal di ruangan cerah.

Hampir sama seperti kaktus, saya tidak terlalu sering menyiramnya dengan air. Ini dimaksudkan agar tanahnya tidak lembab. Pemberian air yang tidak tepat dan tampak seperti genangan pada pot justru membuatnya busuk.

Saya tidak tahu kapan saya memanen lidah buaya ini karena baru-baru ini saya baru saja menikmati sari lidah buaya yang nikmat. Jus lidah buaya ini berbentuk kemasan yang banyak dijual di supermarket di Jerman. Sebagaimana anda tahu, lidah buaya punya banyak manfaat seperti untuk kesehatan kulit dan kecantikan.

Jika saya menikmati jus lidah buaya ini, ada rasa gel di dalam minuman tersebut. Jika anda meminum gel tanaman lidah buaya secara teratur, itu merangsang metabolisme anda karena kandungan yang disebut aloin dipercaya mendetoksifikasi tubuh.

Saya pikir anda bisa mengecek sendiri manfaat lainnya dari tanaman lidah buaya. Saya sendiri adalah penggemar jus gel tanaman lidah buaya ini. Tidak hanya bermanfaat saja untuk tubuh, tetapi rasanya juga enak. Mengapa tidak anda juga mencobanya?