Turning Torso di antara bangunan perumahan moderen di Malmö.
Tingginya mencapai 190 meter.

Menjejakkan kaki di Swedia membuat saya penasaran dengan berbagai ide desain yang kerap menginspirasi dunia. Di sana, saya memotret bagaimana restoran fast food saja itu tampak instragamable.

Saya juga mendokumentasikan berbagai desain rumah moderen yang kekinian dan menarik. Lainnya, saya mendokumentasi suasana ruang makan khas rumah orang Swedia. Semua menarik!

Dari cerita soal desain di Swedia, saya pun beruntung berada di Malmö dan berkunjung ke Turning Torso. Turning Torso itu sebenarnya hanya bangunan residential saja, tetapi desainnya itu loh yang menarik.

Sebagaimana anda lihat dalam foto di atas, bangunannya tampak menjulang tinggi seperti punggung seseorang sedang yang sedang berputar. Yups, itu sebab bangunan ini mendapatkan berbagai penghargaan bergengsi termasuk soal desain.

Turning Torso dari taman.
Turning Torso dari sisi tepi pantai.
Turning Torso dari sisi lain yang tetap menarik.

Turning Torso itu berada di area pemukiman warga yang terlihat berbeda. Arsiteknya adalah seorang berkebangsaan Spanyol, Santiago Calatrava yang berhasil mengusung gaya arsitektur neo-futurism. Bangunan setinggi 190 meter ini seperti mengarah ke sisi 90 derajat atau sisi punggung manusia yang berputar ke sisi 90 derajat.

Bangunan ini adalah gedung bisnis seperti ruang konferensi dan sisanya adalah pemukiman warga, tentu kita tidak bisa sembarangan masuk ke dalam. Kami hanya membaca sekilas papan informasi yang tersedia di depannya. Terdapat pula restoran dan kafe, tetapi kami urung masuk ke dalam.

Turning Torso selesai dibangun pada tahun 2005 dan dibuka untuk umum pada hari-hari tertentu sejak tahun 2009 oleh pengelolanya. Keberadaannya dianggap sebagai bangunan tertinggi di Skadinavia dan memiliki keunikan desain yang tiada duanya.

Ada yang menyebutnya sebagai “Twisting Torso” dan lainnya menganggap ini sebagai bangunan pemukiman warga masa depan yang menarik. Keberadaan Turning Torso melengkapi citra Malmö sebagai kota moderen sekaligus kota tua yang masih dipertahankan hingga sekarang.

Selamat berhari Minggu bersama keluarga!