Memulai hari Senin ini, saya bagikan pengalaman saya mengkreasikan tiga makanan dari TORTILLA di rumah. Tortilla adalah sejenis flatbread dari tepung jagung yang dikonsumsi di negara Meksiko. Cukup dipanaskan sebentar di atas wajan panas, kita bisa mengkreasikan berbagai makanan di atasnya.

Stok tortilla di rumah masih banyak sehingga ini menginspirasi saya untuk membuat makanan yang biasanya saya nikmati di restoran/kafe di luar rumah. Saya tidak mungkin nongkrong di kafe atau di luar rumah saat ini karena kami memang sekarang sedang mengalami pembatasan sosial.

Rupanya memasak memicu kreativitas saya untuk menghibur diri di sela-sela kesibukan bekerja di rumah. Tentu ini juga membuat saya menjadi lebih terampil untuk menyiapkan sesuatu untuk dinikmati di rumah.

1. Sandwich Tortilla

Sandwich untuk bekal makan siang.

Kreasi pertama ini disebut sandwich tetapi terbuat dari tortilla. Selama ini kita mengenal sandwich itu kerap terbuat dari roti. Kali ini saya mengkreasikan sandwich dari tortilla. Isian sandwich biasanya telur, daging ham dan sayuran.

Sedangkan isian sandwich berikut saya kreasikan dengan daging cincang berbumbu paprika, jagung pipilan matang, salad seperti paprika dan daun salada air. Lalu saya beri pula saus salsa.

Cara membuatnya mudah. Siapkan semua isian. Belah bagian tortila di sisi tengah. Letakkan di atas wajan panas. Seperempat bagian pertama isi dengan saus salsa, lipat ke sisi sebelahnya dan isi dengan daging cincang berbumbu yang sudah matang, kemudian lipat menjadi sisi setengah tortilla sekarang.

Isi pada bagian ketiga dengan jagung pipilan manis kemudian tutup dan lipat. Kini anda punya sisi paling akhir dari tortila. Anda bisa isi dengan salad sayuran. Lalu lipat menjadi tumpukan segitiga dengan beberapa lapisan tumpuk. Masak sekitar 2 menit dan balik ke sisi berikutnya.

2. Tortilla Flammkuchen

Flammkuchen dari tortilla, bisa?

Kreasi kedua adalah tortilla flammkuchen yang menginspirasi saya setelah saya berhasil membuat roti tawar untuk flammkuchen. Silakan cek di link yang ditautkan. Lalu kini saya mencoba tortilla untuk flammkuchen.

Bahannya pun sama yakni sour cream, parutan keju, bawang merah besar yang dicincang halus, speckwürfel atau daging ham, irisan daun kucai dan merica. Siapkan wadah dan masukkan semua bahan.

Lalu olesi pada bagian atas tortilla bahan yang sudah dicampurkan, kecuali irisan daun kucai. Panggang selama 200 menit selama 20 menit. Hiasi dengan irisan daun kucai.

3. Tortilla Vegan Tikka Masala

Tikka masala dibungkus tortila pun enak.

Kreasi ketiga adalah tikka masala vegan yang berisi sayuran yang ditumis dengan bumbu tikka masala yang dibeli di supermarket. Kita biasanya menikmati tikka masala dengan nasi basmati, nasi kari atau flatbread dari India.

Kali ini saya kreasikan dengan tortilla setelah saya berhasil membuat vegan tikka masala. Untuk resep tikka masala akan saya buat terpisah. Apakah tertarik mencobanya?

Kesimpulan

Tortilla menginspirasi saya bahwa kita bisa mengkreasikan berbagai masakan di dunia di rumah. Oleh karena itu, saya menyebut minggu kedua bulan Februari ini sebagai FOODIE WEEK.

Saya akan menyajikan kepada anda 5 hari berturut-turut aneka masakan dari berbagai dunia. Semoga ini bisa menginspirasi anda membuatnya di rumah.

Semangat hari Senin!