Polandia (3): Pierogi Polish Dumpling, Pangsit Isi Sauerkraut atau Sesuai Selera

Menjelang chinese lunar year tentu ada satu panganan yang sering disediakan, begitu pendapat kenalan asal Tiongkok yang sama-sama studi di sini. Dia berpendapat hidangan jiaozi atau dumpling berikut isiannya menjadi makanan yang disantap saat pergantian tahun. Cerita saya tersebut bisa anda simak di link ini.

Baca: Apa yang perlu diketahui dari Tahun Baru China?

Nah, dumpling juga tak hanya identik dengan makanan asia saja. Seperti saat saya bercerita dengan kenalan asal Polandia tentang dumpling, dia pun menyebut pierogi sebagai pangsit yang biasa dinikmati saat hari raya Natal. Berbekal cerita kenalan saya asal Polandia ini, saya kemudian mencoba pangsit ini di rumah.

Pierogi memang dikenal sebagai pangsit dari Polandia, meski kenalan asal negara Eropa lainnya juga bercerita bahwa mereka pun punya dumpling juga. Bisa jadi penyebutan dumpling di satu negara dengan negara lain jadi berbeda. Seperti Polandia menyebutnya pierogi, sementara orang Rusia mereka punya sebutan yang lain. Nantikan cerita saya soal dumpling dari Rusia.

Orang Polandia mengakui bahwa pierogi menjadi makanan khas yang disediakan saat Natal tiba. Alasannya, pierogi sudah dibuat sebelumnya sehingga mereka tak perlu repot menyibukkan diri di dapur. Ini sama seperti orang Jerman menyiapkan kartoffelsalat atau salad kentang di saat Natal. Pierogi bisa digoreng atau direbus seperti yang saya sajikan pada anda di atas.

Baca: Alasan Kartoffelsalat menjadi makanan wajib saat Malam Natal

Pierogi paling terkenal itu berisi keju dan kentang yang disebut pierogi ruskie. Pierogi isian lainnya adalah daging ayam yang disebut pierogi kurniki. Begitu pendapat kenalan asal Polandia saat saya mewawancarainya untuk bertanya soal dumpling asal negaranya.

Namun begitu pierogi juga ada yang berisi buah-buahan seperti buah blueberry. Saya pikir ini yang membuat dumpling asal Polandia begitu berbeda dibandingkan dumpling asal Asia. Dumpling buah-buahan itu seperti kue pai yang begitu terkenal di negara Paman Sam.

Dibalik itu semua, saya hanya mencoba pierogi isian sauerkraut yang kebetulan saya dapati di Jerman, bukan saat saya bertandang ke Polandia beberapa waktu lalu. Anda yang penasaran, apa itu sauerkraut? Anda bisa cek di link yang ditautkan. Sauerkraut itu seperti kol yang difermentasi. Anda bisa membayangkan seperti kimchi dalam kuliner Korea.

Pierogi isi sauerkraut ini juga enak dan begitu sesuai sebagai menu makan malam di musim dingin. Saya memilih untuk merebusnya dalam air panas selama beberapa menit. Menarik untuk dicoba bila anda sudah pernah mencoba sauerkraut.

Sebagai informasi, pierogi ini sudah lama dikenal dalam dunia kuliner sejak abad 17. Resep pierogi sudah tertulis sejak ratusan tahun lalu. Karena pierogi sudah mendunia, anda perlu tahu juga ada festival pierogi yang diselenggarakan di salah satu kota di Polandia. Festival pierogi ini tidak hanya menampilkan pierogi dalam berbagai rupa dan rasa saja, tetapi menjadi festival budaya yang menyedot animo turis.

Well, good to know!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.