5 Kreasi Cemilan Berbagai Negara Bisa Dipraktikkan Mudah di Rumah

Hari ini di wilayah tempat tinggal saya dikenal dengan sebutan “Rosenmontag” yang berarti dua hari menjelang Hari Raya Rabu Abu (=Aschermittwoch) pada minggu ini. Biasanya di Jerman pada hari ini dan besok jalan-jalan dan berbagai ruang publik penuh dengan karnaval dan festival kostum. Sayangnya itu semua ditiadakan mengingat pandemi yang masih berlangsung.

Berhubung restoran dan kafe tutup di Jerman tidak berarti di rumah saya tidak menikmati cemilan di rumah. Dengan begitu, saya bisa menikmatinya di sela-sela aktivitas di rumah. Lima ide berikut saya pilih dan bagikan pada anda, dengan harapan anda bisa mencobanya juga.

Food finger, cemilan, kudapan atau snack adalah makanan yang disediakan di sela-sela waktu makan siang dan makan malam. Terkadang makanan kecil ini juga dijadikan makanan pembuka sebelum disediakan makanan utama. Dibalik cara anda terbiasa mengkonsumsi makanan kecil, saya justru menyoroti bagaimana mengkreasikannya agar tidak membosankan.

1. Tortilla chips with Mozzarella

Tortilla chips.

Kreasi pertama adalah tortilla chips yang ditambahkan topping keju mozzarella. Letakkan chips di wadah anti panas dan beri taburan keju mozzarella. Masukkan dalam microwave selama 2 menit untuk 600 watt. Sajikan dengan sambal salsa.

Tortilla sendiri adalah flatbread yang terbuat dari tepung jagung dari negeri Meksiko. Silakan cek kreasi tortilla lainnya di artikel terpisah yang sudah tayang sebelumnya.

Saat ini saya hanya ceritakan tentang tortilla chips, yang juga sama terbuat dari tepung jagung tetapi bentuknya seperti snacks atau finger food. Untuk menambah rasa terbaik cemilan ini, saya beri juga sambal salsa. Sambal salsa ini bisa dibeli dengan mudah di supermarket.

Rasa sambal salsa yang asam, sedikit pedas dan manis ini bisa menjadi pelengkap tortilla chips yang gurih dan salty.

2. Fried Gyoza

Fried Gyoza.

Cemilan kedua adalah gyoza atau jiaozi dari negeri tirai bambu. Saya sendiri sudah pernah mengulas bagaimana jiaozi ini juga bisa disajikan dalam bentuk kukus, goreng atau direbus. Anda bisa mengecek dumpling tersebut dari link yang ditautkan.

Selama ini saya mungkin lebih banyak makan dan mencicipi dumpling di restoran, kini mengapa tidak saya membuat sendiri di rumah. Saya belajar dari rekan saya asal Tiongkok bagaimana membuatnya. Saya bisa membeli kulit dumpling di toko asia di sini atau bisa juga membuatnya sendiri. Contoh praktik membuat dumpling bisa dilihat di sini.

Untuk adonan pangsitnya, bisa gunakan tepung terigu, garam dan sedikit air panas. Uleni sebentar. Lalu bisa dibagi beberapa adonan sesuai kebutuhan. Isian dumpling pun disesuaikan selera. Ada isian daging cincang, sayuran atau hanya potongan timun dan wortel yang dihancurkan dan diberi telur orak-arik pun baik juga.

3. Nutella Pastry Twists

Nutella puff pastry.

Kreasi ketiga ini tampak seperti kepang cokelat panggang. Saya mencoba membuatnya dari puff pastry yang tersedia di rumah. Ini hanya sebagai alternatif saja dari berbagai makanan dari puff pastry yang saya buat. Contohnya adalah zimtschnecken atau kleine Nutellablume.

Bahan yang diperlukan hanya puff pastry, nutella, satu buah telur dan dekorasi kacang almond. Selesai dikepang, panggang kepang cokelat selama 175 derajat celcius selama 25 menit. Poinnya adalah anda bisa membuat berbagai kreasi cemilan dari puff pastry sesuai kebutuhan dan selera.

4. Croissant

Croissant isi cokelat.

Croissant biasanya kami pesan saat menikmati Kaffeetrinken alias acara minum kopi di kafe. Apa daya kini kami menikmatinya di rumah. Pengalaman membuat croissant pertama kali membuat saya tertantang untuk mencoba bentuk dan rasa yang berbeda. Anda bisa cek praktik saya membuat croissant di sini.

Kali ini saya bagikan pada anda membuat bentuk croissant berbeda dari puff pastry juga. Silakan anda bagi puff pastry sama panjangnya. Lalu letakkan cokelat ke dalam isian pada bagian tengah.

Gulung puff pastry berbentuk segi empat seperti pada gambar. Panaskan daöam oven selama 180 menit dalam 15 menit. Saya masih menghiasnya lagi dengan poppy seed, tetapi ini tidak wajib. Kreasikan sesuai selera anda.

5. Sweat Pancake

Sweat pancake.

Kreasi terakhir adalah pancake diberi gula halus yang dicairkan. Sebagaimana anda tahu, pancake begitu mudah dibuat dan berbeda-beda di tiap negara. Anda bisa menyimak pengalaman saya membuat pancake dari Jerman, pancake rasa pisang, pancake dari Amerika hingga pancake berantakan kesukaan kaisar dari Austria.

Apa yang berbeda dari pancake yang sudah saya buat? Pancake di artikel ini hampir sama dengan pancake dari negeri Paman Sam seperti yang sudah pernah saya buat. Bedanya saya memberi lapisan gula halus sebagai pelengkap dan hiasan.

Setelah pancake matang, siapkan wadah untuk membuat lapisan gula halus warna putih di atas. Masukkan beberapa sendok gula halus sesuai selera dan kebutuhan anda. Tambahkan air hangat satu sendok dan aduk bersamaan. Setelah adonan mengeras, beri lapisan putih pada tiap pancake.

Kesimpulan

Mengkreasikan berbagai menu dan cemilan bisa jadi adalah aktivitas anda saat ini di sela-sela kesibukan lainnya di rumah. Mengapa tidak mencoba hal yang baru dari berbagai pengalaman memasak lainnya. Selamat mencoba di rumah!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.